Jakarta (ANTARA) - Torehan caturgol dari penyerang Ahmad Athallah Araihan membawa Indonesia unggul dengan skor 6-1 atas Kepulauan Mariana Utara di babak pertama laga Kualifikasi Piala Asia U-16 2020, Rabu.

Gol-gol Ahmad Athallah dalam laga yang digelar di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta tersebut dicetak di menit ke-16, 18, 26 dan 42.

Ada pun dua gol lainnya dibuat oleh Marselino Ferdinan (9') dan Aditya Daffa Al Haqi (15').

Sementara gol Mariana Utara dilesakkan oleh Jim Kurt Maniago (45+2').

Pada pertandingan tersebut, pelatih timnas U-16 Indonesia Bima Sakti mengubah susunan 'starting eleven' skuatnya

Tidak ada nama-nama seperti Alfin Lestaluhu, Kadek Arel Priyatna, Elvateeh Arkhada, Raka Cahyana Rizky dan Muhammad Valeroen yang diturunkan sejak awal kala bersua Filipina, Senin (16/9).

Bima mengganti mereka dengan pemain-pemain layaknya Mikael Tata, Mochamad Shaifullah, Ruy Arianto, Diandra Diaz Dewari dan Aditiya Daffa Al Haqi.

Sementara pelatih Kepulauan Mariana Utara Mita Michiteru tetap memainkan Kohtaro Goto yang untuk sementara menjadi satu-satunya pencetak gol Kepulauan Mariana Utara di Kualifikasi Piala Asia U-16 2020.

Indonesia langsung menggempur pertahanan Mariana Utara sejak awal laga.

Baru sembilan menit pertandingan berjalan, gelandang serang Marselino Ferdinan membuka keunggulan Indonesia melalui sepakannya dari dalam kotak penalti.

Baca juga: Bima Sakti ubah susunan 'starting eleven' kontra Mariana Utara
 

Tim berjuluk Garuda yang berlaga dengan seragam merah-merah menggandakan keunggulan di menit ke-15 berkat sundulan Aditya Daffa yang memanfaatkan umpan Alexandro Kamuru.

Satu menit berikutnya, giliran Ahmad Athallah yang mencatatkan namanya di papan skor.

Setelahnya, Athallah memasukkan tiga gol tambahan secara beruntun di menit ke-18, 26 dan 42.

Skor 6-0 membuat Indonesia sedikit kurang konsentrasi di menit akhir babak pertama.

Lengangnya pertahanan Indonesia dimanfaatkan oleh penyerang Jim Kurt Maniago untuk memperkecil keunggulan bagi Kepulauan Mariana Utara di menit ke-47

Gol kedua Mariana Utara sepanjang Kualifikasi Piala Asia U-16 2020 itu disambut gembira oleh seluruh pemain mereka.

Tidak ada gol tambahan lain, skor 6-1 untuk keunggulan Indonesia bertahan sampai laga memasuki masa jeda.

Berikut susunan pemain kedua tim.

Timnas U-16 Indonesia: I Made Putra Kaicen-pg, Mikael Tata, Marcell Januar Putra (kapten), Alexandro Kamuru, Mochamad Faizal Shaifullah, Resa Aditya Nugraha, Marselino Ferdinan, Ruy Arianto, Diandra Diaz Dewari, Aditiya Daffa, Ahmad Athallah Araihan.

Timnas U-16 Kepulauan Mariana Utara: Merrick Vicente Toves-pg (kapten), Jeremiah Jerome Diaz, Daniell Mar Pablo, Akira Kadokura, Brian Lubao, Jim Kurt Maniago, Kohtaro Goto, Xin Wen Jin, Oliver Fajardo, Jerick Ben Qiumzon, Ariel Navarez.

Baca juga: China kokoh di puncak Grup G Kualifikasi Piala Asia U-16 2020

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2019