Petugas Polsek Malunda bersama personel TNI dari Koramil Majene, polisi hutan serta warga telah berhasil memadamkan kebakaran lahan itu satu jam kemudian dan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut
Mamuju (ANTARA) - Kebakaran lahan kembali terjadi dan menghanguskan lahan warga seluas dua hektare yang terletak di Dusun Parrihuang, Desa Sulai, Kecamatan Ulumanda Kabupaten Majene, Sulawesi Barat.

Kebakaran lahan warga yang terjadi pada Kamis siang itu terjadi pada lahan milik anggota DPRD Kabupaten Majene Hasriadi dan warga lainnya  H. Daaming (60).

Berdasarkan keterangan dari masyarakat di tempat kejadian api merambat cepat karena angin bertiup kencang.

Sementara akses menuju lokasi kebakaran sulit dijangkau karena berada di atas bukit dan harus mendaki sehingga proses pemadaman sedikit terkendala.

Petugas Polsek Malunda bersama personel TNI dari Koramil Majene, polisi hutan serta warga telah berhasil memadamkan kebakaran lahan itu satu jam kemudian dan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Sebelumnya kebakaran terus terjadi pada sejumlah lahan warga di Kabupaten Majene di antaranya Bulutupang Kecamatan Pamboang.

Personel​​​​ TNI dan Polri dibantu warga warga setempat juga berhasil memadamkan api yang membakar lahan seluas dua hektare.

Kebakaran juga terjadi di Gunung Kaluppang, Dusun Parabaya, Desa Onang, Kecamatan Tubo Sendana yang menghanguskan dua hektare lahan.

Kemudian di Gunung Bo’di Dusun Kawero, Desa Bababulo Utara, Kecamatan Pamboang menghanguskan setengah hektare lahan di daerah itu.

Selain itu, kebakaran lahan terjadi di wilayah Buttu Pullayonga, Lingkungan Tunda, Kelurahan Labuang Utara, Kecamatan Banggae dan di Lingkungan Tambulang Bulang, Kelurahan Lamungan Batu, Kecamatan Malunda.

Aparat kepolisian telah mengimbau seluruh warga agar waspada dan tidak melakukan tindakan yang bisa memicu kebakaran lahan seperti membuang puntung rokok sembarangan dan membakar sampah tanpa pengawasan.

Baca juga: Kebakaran lahan Majene berhasil dipadamkan

Baca juga: Polda Sulbar bentuk satgas penanganan kebakaran lahan

Baca juga: Satelit Terra dan Aqua deteksi dua titik panas di Sulbar

Pewarta: M.Faisal Hanapi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019