Jakarta (ANTARA) - Tim nasional U-16 China berhasil melaju ke Piala Asia U-16 2020 usai mengimbangi Indonesia dengan skor 0-0 dalam laga pamungkas Grup G Kualifikasi Piala Asia U-16 2020 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu.

China lolos setelah menduduki peringkat satu Grup G dengan mengoleksi 10 poin, yang sejatinya sama dengan Indonesia, tetapi unggul selisih gol.

Sementara Indonesia masih memiliki kesempatan untuk lolos ke Piala Asia U-16 2020 sebagai salah satu dari empat peringkat kedua terbaik di kualifikasi.

Baca juga: Babak pertama Indonesia versus China berakhir tanpa gol

Indonesia masih menunggu seluruh laga kualifikasi selesai untuk mendapatkan kepastian apakah ke putaran final atau tidak.

Dalam pertandingan kontra China, Indonesia yang secara visual kalah postur dari lawan mampu memberikan perlawanan ketat.

Mengandalkan Marselino Ferdinan dan Ahmad Athallah Araihan, yang masing-masing sudah membuat enam dan lima gol di Kualifikasi Piala Asia U-16 2020, Indonesia beberapa kali membuat China kewalahan.

Gelandang China Liu Ruichen bahkan harus mendapatkan kartu kuning di menit keenam karena menghadang pemain Indonesia.

Baca juga: Bima Sakti turunkan Marselino-Athallah untuk 'bombardir' China

Di menit ke-25, Marselino melepaskan tendangan yang melebar ke sisi kiri gawang China. Empat menit kemudian, Aditiya Daffa membuat peluang yang dapat ditangkap kiper China Li Hao.

Indonesia hampir saja membuat gol di menit ke-42, tetapi bola hasil sepakan Ahmad Athallah Araihan mampu disapu dari garis gawang oleh pemain bertahan China.

China sendiri mendapatkan beberapa peluang, tetapi tidak ada yang benar-benar berbahaya berkat solidnya lini pertahanan Indonesia yang digalang oleh Marcell Januar Putra dan Alexandro Kamuru.

Skor 0-0 pun bertahan sampai laga memasuki masa jeda.

Di babak kedua, Indonesia lebih banyak berada di bawah tekanan China.

Baca juga: Indonesia vs China, adu 'finishing touch' di Piala AFC U-16

Akan tetapi, sesekali Indonesia mengancam termasuk dari sepakan Mochamad Faizal Shaifullah di menit ke-88 yang ditangkap kiper China.

Tidak ada gol setelahnya. Skor 0-0 pun tidak berubah sampai laga tuntas.

Berikut susunan pemain kedua tim.

Timnas U-16 Indonesia: I Made Putra Kaicen-pg, Aditya Rangga (85', Alfin Lestaluhu), Mochamad Faizal Shaifullah, Resa Aditya, Marselino Ferdinan, Ruy Arianto, Marcell Januar Putra (kapten), Alexandro Kamuru, Dimas Pamungkas, Aditiya Daffa (88', Muhammad Valeroen), Ahmad Athallah Araihan.

Timnas U-16 China: Li Hao-pg, Li Suda, Alikuti Aishajiang, Xiang Rongjun, Zhang Yixuan, Zhang Menxuan, He Xiaoke (kapten, 78', Zeng Yaozhang), Lui Ruichen (83', Huang Peizhao), Xu Bin, Maiuwulang Mijiti (90+2', Xierzhati Nuer), Fan Chao.

Baca juga: Klasemen Grup G Kualifikasi Piala Asia U-16 2020, Indonesia kedua

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2019