Kalah lawan Persib di luar ekspektasi pelatih Persipura

id persib bandung,persipura jayapura,liga 1

Pesepak bola Persipura Gunansar Papua Mandowen (kedua kanan) mendapat hadangan pemain Persib Bandung Henhen Herdiana (kedua kiri) pada lanjutan Liga 1 2019 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (23/9/2019). (Foto Umarul Faruq)

Surabaya (ANTARA) - Pelatih Persipura Jayapura Jacksen F. Tiago mengakui hasil melawan Persib Bandung pada pekan ke-20  Liga 1 musim kompetisi 2019 di luar ekspektasinya.

"Kami akui, hasil lawan Persib sangat di luar ekspektasi yang diharapkan," kata dia usai pertandingan di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Senin.

Pada laga yang disaksikan tanpa penonton itu, Persipura menyerah  1-3 kepada Maung Bandung.

Gol-gol Persib Bandung dicetak Ezechiel Ndouasel pada menit ke-39 dan 47, ditambah Febri Hariyadi pada menit ke-74, sedangkan gol Persipura dilesakkan Titus Bonai pada menit 45+1 dari titik penalti.

Persipura berstatus tuan rumah dan harus menjalani laga di luar Jayapura karena markas mereka Stadion Mandala, Jayapura, direnovasi untuk persiapan PON Papua 2020.

Baca juga: Main santai jadi kunci kemenangan Persib

Sedangkan, Stadion Aji Imbut di Tenggarong yang dipilih manajemen sebagai markas pada putaran kedua Liga 1 untuk sementara belum bisa digunakan.

Eks pelatih Barito Putera itu mengaku kelelahan menjadi salah satu penyebab timnya gagal menaklukkan tamunya.

Sebelum melawan Persib, Persipura bertandang ke Sleman menghadapi tuan rumah PSS pada Kamis (19/9) yang berakhir seri 1-1.

"Recovery yang singkat sangat mempengaruhi determinasi tim. Selamat kepada Persib yang sudah memenangkan pertandingan," kata Jacksen.

Pelatih asal Brasil itu juga tak setuju pada pandangan bahwa kekalahan timnya akibat absennya sejumlah pemain pilar, seperti gelandang Ibrahim Conteh dan Muhammad Tahir, serta satu penyerang Mamadou Samassa lantaran akumulasi kartu kuning.

Baca juga: Persib Bandung kalahkan Persipura 3-1 di Sidoarjo

"Kami kalah bukan karena ada pemain yang tidak tampil, tapi lawan memang mampu memanfaatkan momentum," katanya.

Kiper Persipura Jayapura Dede Sulaiman sepakat dengan alasan pelatih yang menilai berdekatannya jadwal pertandingan sangat mempengaruhi permainan tim.

"Pemain sudah kerja keras di lapangan, tapi hasilnya tidak sesuai harapan. Semoga laga ke depan lebih baik dan meraih poin penuh," kata Dede.

Kekalahan ini membuat Persipura tertahan pada peringkat tujuh klasemen sementara setelah tujuh kali menang, enam seri dan lima kali kalah dengan koleksi poin 27.

Sedangkan, Persib terdongkrak ke peringkat 10 dengan 24 poin dari lima kali menang, sembilan seri dan enam kali kalah.

Baca juga: Persipura lawan Persib imbang 1-1 pada babak pertama

Pewarta : Fiqih Arfani
Editor: Jafar M Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar