PMI bantu ratusan pengungsi korban kebakaran limbah di Tangerang

id Korban Kebakaran Tangerang ,Palang Merah Indonesia,PMI,PMI Kota Tangerang

Relawan PMI Kota Tangerang saat memberikan pelayanan kesehatan kepada ratusan pengungsi korban kebakaran di Kampung Baru, Kelurahan Jurumudi, Kecamatan Benda, Kota Tangerang, Banten. (Foto: PMI Kota Tangerang)

Tangerang, Banten (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) membantu ratusan pengungsi warga Kampung Baru, Kota Tangerang, Banten yang merupakan korban kebakaran diakibatkan terbakarnya lapak daur ulang limbah plastik pada Selasa, (24/9).

"Dari pendataan yang dilakukan petugas penanggulangan bencana setempat ada sebanyak 184 warga yang mengungsi di 10 titik pengungsian akibat kebakaran yang menghanguskan 19 rumah dan dua kontrakan di Kelurahan Jurumudi, Kecamatan Benda. Kebakaran permukiman warga ini berasal dari terbakarnya lapak limbah pengolahan plastik," kata Kabiro Humas PMI Kota Tangerang melalui sambungan telepon, Rabu.Sehingga

Menurutnya, untuk meringankan penderitaan korban kebakaran ini, PMI menerjunkan relawannya untuk memberikan bantuan  berupa makanan dan minuman dengan mendirikan dapur umum di aula kantor Kecamatan Benda selama tiga hari ke depan.

Baca juga: PMI kerahkan tim pertolongan pertama bantu korban kabut asap Pontianak

Para pengungsi didominasi oleh warga luar daerah sehingga mereka tidak punya sanak keluarga di Kota Tangerang setelah tempat tinggalnya hangus terbakar. Dalam melayani pengungsi ini pihaknya juga berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat dan instansi terkait untuk memenuhi perlengkapan dapur umum.

Tidak hanya memberikan bantuan logistik berupa makanan dan minuman, tetapi PMI juga menurunkan petugas medisnya untuk memberi pelayanan kesehatan, apalagi di lokasi pengungsian banyak terdapat anak, balita dan lansia yang rentan terserang penyakit.

"Lokasi pengungsian yang serba terbatas dikhawatirkan para korban kebakaran ini mudah terserang penyakit maka dari itu kami memantau kesehatan pengungsi dengan menyiagakan sejumlah personel yang dibagi di 10 titik pengungsian," katanya.

Selain PMI, sejumlah instansi seperti Dinas Sosial, Dinas Kesehatan Kota Tangerang dan Angkasa Pura II turut membantu menyalurkan logistik serta memberikan pelayanan kesehatan bagi warga korban kebakaran yang mengungsi.

Baca juga: PMI dirikan posko kesehatan untuk bantu korban kabut asap Riau
Baca juga: PMI Banjar bantu pemadam karhutla terluka saat memadamkan kebakaran

Pewarta : Aditia Aulia Rohman
Editor: Masnun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar