Pembangunan energi bersih yang berkelanjutan atau yang kita kenal dengan energi baru terbarukan (EBT) penting untuk dipikirkan
Jakarta (ANTARA) - Menteri ESDM Ignasius Jonan menekankan kepada seluruh pegawai dan seluruh pemangku kepentingan untuk peduli dengan lingkungan dari ancaman pemanasan global yang bisa mengancam dunia.

Menurut Jonan, dalam rangka hari Jadi Pertambangan Dan Energi Ke-74 yang bertindak sebagai pembina upacara, mengatakan  dampak pemanasan global akan sangat terasa bagi Indonesia yang merupakan negara kepulauan.

"Pembangunan energi bersih yang berkelanjutan atau yang kita kenal dengan energi baru terbarukan (EBT) penting untuk dipikirkan. Sebagai Pembina sektor wajib melaksanakan pengembangan energi bersih, kenapa, pertama, masalah lingkungan hidup, seluruh dunia juga sudah mulai mengurangi apa yang disebut efek pemanasan global," ujar Jonan di Jakarta, Sabtu.

Dampak pemanasan global saat ini sudah dapat dirasakan. Jonan menceritakan, saat dirinya tinggal di Bandung 10 tahun yang lalu, suhunya masih sangat sejuk, berbeda dengan yang dirasakan saat ini.

"10 tahun yang lalu waktu saya mulai bertugas di Bandung, jam 5 pagi atau jam 6 pagi itu masih sejuk sekali. 10 tahun yang lalu itu pendek sekali, bukan 30 tahun yang lalu. Sekarang saya ke Bandung jam 5 pagi terasa biasa saja, hampir sama seperti Jakarta," ungkap Jonan.

Perubahan suhu akibat pemanasan global juga akan membuat permukaan air laut meningkat sehingga menjadi ancaman bagi negara-negara kepulauan atau daratan-daratan yang memiliki disparitas muka air laut dengan muka tanah tidak terlampau jauh.

"Efek dari pemanasan global kalau dibiarkan, akibat yang paling besar, yang paling radikal itu adalah permukaan laut akan naik dan kalau permukaan air laut naik, maka akan banyak daerah-daerah pesisir yang akan terdampak. Kalau kita melihat Jakarta dan banyak kota-kota pesisir di Utara Pulau Jawa sudah banyak wilayah yang tergenang dan kalau ini dibiarkan dengan kenaikan 1-3 derajat setiap 30 tahun, mungkin akan banyak wilayah Indonesia yang akan tenggelam," jelas Jonan.

Selain mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan, dalam jangka pendek, pemanfaatan EBT juga dapat memperbaiki neraca perdagangan akibat impor Bahan Bakar Minyak (BBM). Sementara tujuan yang paling mulia adalah mempertahankan bumi kita agar tidak rusak, karena bumi ini adalah warisan bagi anak cucu kita.

"Tujuan yang paling mulia adalah untuk mempertahankan bumi kita agar tetap sustainable untuk anak cucu kita, itu yang paling penting. Saya juga sungguh-sungguh mendorong Badan Geologi untuk melaksanakan perannya dengan besar, Balitbang ESDM juga, cari sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat, untuk bangsa untuk alam dan sebagainya," katanya.

Dan terakhir, Jonan menegaskan bagi yang berdinas di Direktorat Jenderal Mineral Dan Batubara wajib tanpa toleransi menerapkan aturan reklamasi paska tambang, menjaga alam atau menjaga bumi adalah mempersiapkan kehidupan yang baik untuk generasi mendatang untuk anak cucu bangsa.

Baca juga: Pemerintah Aceh komitmen tingkatkan Energi Baru Terbarukan
Baca juga: Tekan impor BBM, pemerintah maksimalkan energi baru terbarukan


Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019