anggota TRC agar tetap memprioritaskan keselamatan serta kesehatan saat menjalankan tugas pemadaman.
Tembilahan, Inhil, (ANTARA) - Seorang anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indragiri Hilir, Alawi, terserang Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) setelah beberapa kali melakukan pemadaman api kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di sejumlah daerah di wilayahnya.

“Hasil pemeriksaan dokter, Alawi terkena ISPA, tadi malam sudah dibawa ke rumah sakit,” ucap Kepala Pelaksana BPBD Inhil, Yuspik kepada ANTARA di Tembilahan, Inhil, Minggu.

 Yuspik mengatakan Alawi divonis terserang ISPA berdasarkan hasil pemeriksaan dokter di sebuah klinik, pada Jumat malam (27/9).

Dijelaskan Yuspik, Alawi baru saja pulang dari salah satu lokasi kebakaran hutan dan lahan usai berjibaku memadamkan api di lahan gambut.

Saat akan turun melanjutkan tugas, Alawi merasa pusing dan muntah-muntah. Menurut Yuspik, gejala pusing disertai muntah ini sudah dialami Alawi sejak tiga hari terakhir.

Baca juga: Hujan sisakan 152 titik panas indikasi karhutla di Riau

“Pusing dan muntah ini sudah tiga hari, tapi baru tadi malam diperiksa secara medis. Ternyata hasilnya ISPA. Langsung saya perintahkan untuk dibawa ke rumah sakit,” tutur Yuspik.

Pria yang tinggal di Jalan Prof M Yamin, Kota Tembilahan itu, saat ini telah dirawat di ruang Neorologi Rumah Sakit Umum Daerah Puri Husada Tembilahan.

Yuspik mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk berhati-hati terhadap dampak buruk paparan asap Karhutla.

Khusus kepada anggota TRC BPBD Inhil Yuspik menekankan agar tetap memprioritaskan keselamatan serta kesehatan saat menjalankan tugas.

"Jadikan ini pelajaran kita semua agar tetap berhati-hati terhadap dampak asap Karhutla terutama kepada petugas yang tengah melakukan pemadaman. Selalu gunakan masker dan utamakan keselamatan serta kesehatan," imbaunya.


Baca juga: Ekspedisi Melawan Asap beri layanan kesehatan Satgas karhutla Riau
 

Pewarta: Adriah
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019