Denpasar (ANTARA) - Serka I Dewa Gede Astawa, prajurit Kodim 1626/Bangli, Bali, berlari keliling Pulau Dewata yang mengambil tema "Run for Bali" dengan jarak tempuh 374 kilometer selama lima hari yang dia persembahkan untuk menyambut HUT ke-74 TNI.

Pelepasan pelari Serka Dewa Astawa dilakukan di depan Markas Kodam IX Udayana, oleh Panglima Kodam (Pangdam) IX/Udayana, Mayjen Benny Susianto bersama Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati, Selasa.

Pada kesempatan itu, Pangdam IX/Udayana, Mayjen Benny Susianto menjelaskan, kegiatan ini sebagai bentuk tanggung jawab TNI untuk menunjukkan jati diri sebagai institusi yang profesional.

"Ini sebagai bentuk tanggung jawab kami untuk menunjukkan institusi TNI yang profesional. Ini salah satu bentuknya," kata Pangdam Benny.

Ia mengatakan melalui kegiatan ini berharap anggotanya dapat memiliki kemampuan lebih yang bisa dipersembahkan kepada bangsa dan negara.

"Kami juga ingin memberikan sumbangsih sedikit untuk membudayakan lari sebagai gaya hidup masyarakat Bali," ujarnya.

Wakil Gubernur Bali, Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati menyambut baik kegiatan ini. Ia menilai ada tiga hal positif yakni membudayakan olahraga dan mempromosikan pariwisata Bali.

"Kita ingin memasyarakatkan olahraga lari sebagai gaya hidup masyarakat Bali. Kegiatan ini juga punya pesan tersendiri bahwa dari Bali kita kembali menghidupkan semangat nasionalisme dan menggairahkan pariwisata," katanya.

Sementara itu, Komandan Kodim (Kodim) 1626/Bangli, Letkol Inf. Himawan Teddy Laksono mengatakan pada kegiatan yang diberi tema "Run for Bali" ini anggotanya akan berlari mengelilingi Bali sejauh 374 kilometer.

"Event ini ditujukan dalam rangka memperingati HUT ke-74 TNI. Tentu saja ini persembahan dari kami kepada bangsa ini, kepada institusi kami, TNI dan kepada masyarakat luas, khususnya masyarakat Bali," ucapnya.

Letkol Himawan melanjutkan, melalui ajang lari jarak jauh ini ingin menunjukkan bahwa TNI selalu hadir di tengah-tengah masyarakat, baik itu bencana maupun membangun kesadaran berolahraga.

"Seperti kita tahu, Pak Presiden Jokowi selalu menegaskan 'SDM Unggul, Indonesia Maju'. Menciptakan SDM unggul, salah satunya harus sehat secara fisik dan psikis. Kegiatan ini bagian dari menciptakan apa yang disampaikan Pak Jokowi tersebut," ucapnya.

Selain itu, Dandim menegaskan kegiatan ini juga untuk mendukung upaya Pulau Bali sebagai destinasi wisata olahraga.

"Kami ingin mendukung penuh Pulau Bali yang belakangan sedang gencar mempromosikan sebagai kawasan dengan keunggulan lain selain keindahan alam dan budaya yakni, sport tourism. Kami ingin menegaskan bahwa Bali sebagai destinasi wisata dunia, pulau ini juga tempat yang tepat bagi sport tourism. Jadi, wisatawan asing yang senang dengan sport tourism, kami undang untuk datang ke Bali. Silakan berolahraga di sini dan nikmati keindahan alam, adat dan budaya Bali," kata Dandim Himawan berpesan.

Pewarta: I Komang Suparta
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019