Gubernur Sulsel kenang ZB Palaguna sosok negarawan

id Antara Sulsel

Gubernur Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah saat berada di rumah duka Almarhum ZB Palaguna di Makassar, Rabu (2/10/2019) malam. ANTARA/HO-Pemprov Sulsel/aa.

Makassar (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Selatan Prof HM Nurdin Abdullah mengenang mantan Gubernur Sulsel Mayjen TNI Purn H Zainal Basri Palaguna (ZB Palaguna) sebagai sosok negarawan yang mengayomi dan memiliki karisma sebagai seorang pemimpin yang sangat tegas.

"Beliau adalah sosok yang sangat tegas, berwibawa dan memang punya karisma kepemimpinan, itu yang kita kagumi, betul-betul beliau sebagai negarawan mengayomi dan banyak anak-anak muda itu di angkat oleh beliau," jelas Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dalam keterangannya di Makassar, Kamis.

Menurut Nurdin, selama ini Ia sering berinteraksi dengan anak Almarhum ZB Palaguna yakni Mawang, yang kebetulan merupakan anak bimbingannya saat menjadi dosen di Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin Makassar.

"Saya kira beliau adalah panutan kita, tentu kita semua menjadi pewaris apa yang beliau letakkan. Kita menjadi pelanjut beliau dan saya kira memang menjadi pemimpin harus punya integritas, nah itu yang dimiliki oleh beliau," tutur mantan Bupati Bantaeng dua periode ini.

Ketegasan dan integritas Palaguna memang benar-benar tidak diragukan. Terlebih merupakan sosok tokoh yang lahir dari keluarga TNI.

"Yang kedua beliau lahir dari jiwa tentara TNI yang sangat disiplin itu yang kita sangat kagumi beliau," tutup guru besar Unhas Makassar ini.

Baca juga: Warga Sulsel pengungsi Wamena tiba di Makassar

Baca juga: Propam Polda periksa jurnalis korban kekerasan 2,5 jam

Baca juga: ACT Sulsel galang dukungan donasi bantu pengungsi Wamena

Pewarta : Abdul Kadir
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar