Daerah ini sudah memiliki produk batik khas daerah, maka terus dikembangkan dengan penuh kreasi di antaranya industri batik tulis
Manggar, Babel, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendorong para perajin mengembangkan batik tulis khas daerah itu.

"Dalam beberapa tahun ini, produksi batik para perajin di daerah ini cukup tinggi dan kreatif, ini menjadi perhatian kami untuk mendorong perkembangannya dengan corak yang beragam," kata Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Perdagangan (DPMPTSPP) Kabupaten Belitung Timur, Liatim di Manggar, Minggu.

Ia menjelaskan pemerintah daerah terus melakukan pembinaan kepada perajin batik tulis dan memberikan bantuan untuk mendorong perkembangan usaha mereka.

Baca juga: Pemkot Madiun berupaya kembangkan industri batik khas setempat

"Berbagai bantuan dan pembinaan terus dilakukan, termasuk meningkatkan kemampuan atau keahlian dalam membatik sehingga lebih menarik dan membuat orang tertarik," ujarnya.

Sebelumnya, pihaknya sudah mengajak para perajin batik mengikuti studi banding ke Jawa Timur untuk melihat proses pembuatan batik tulis yang bahan pewarnanya dari alam.

"Para perajin batik di daerah itu rata-rata sudah menggunakan bahan baku dari alam untuk mengembangkan batik mereka," ujarnya.

Baca juga: Dekranasda Batang siap bangun ruang pamer UKM termasuk batik Rifaiyah

Kreativitas perajin di daerah tersebut, kata dia, patut dicontoh dan dikembangkan di Kabupaten Belitung Timur yang saat ini bersama Dekranasda sedang gencar-gencarnya mengembangkan industri batik tulis.

"Daerah ini sudah memiliki produk batik khas daerah, maka terus dikembangkan dengan penuh kreasi di antaranya industri batik tulis," ujarnya. 

Baca juga: Pemkot Pekalongan pertemukan pengusaha batik dan pembeli mancanegara
 

Pewarta: Ahmadi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2019