Bupati Sorong harapan KEK sejahterakan masyarakat lokal

id KEK sorong,Menko Perekonomian,Darmin Nasution

Peresmian kawasan KEK Sorong (Foto Antara Papua Barat/Ernes)

Sorong (ANTARA) - Bupati Sorong Johny Kamuru berharap Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kabupaten Sorong yang diresmikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Jumat, dapat mensejahterakan masyarakat lokal.

"Kehadiran KEK tentunya akan menyerap ribuan tenaga kerja dan diharapkan masyarakat lokal mendapat kesempatan bekerja guna kesejahteraan hidup," kata Bupati Sorong Johny Kamuru di Sorong, Jumat.

Dia mengatakan bahwa
kawasan KEK seluas 523,7 hektare di Kabupaten Sorong berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 31 Tahun 2016 tentang KEK akan meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Papua Barat, khususnya Kabupaten Sorong.

Baca juga: KEK Sorong akan serap investasi Rp32,2 triliun

Baca juga: Pemerintah resmikan KEK Sorong


Menurut dia, kehadiran KEK dapat menarik investor untuk datang ke Provinsi Papua Barat terlebih khusus kabupaten Sorong sehingga terbuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

Karena itu, Pemerintah Pusat maupun daerah akan menyiapkan sumber daya manusia masyarakat lokal guna pengembangan kawasan ekonomi khusus tersebut.

Dikatakannya, pemerintah daerah akan mendukung anggaran untuk pengembangan infrastruktur pada kawasan ekonomi khusus tersebut.

Salah satu infrastruktur yang akan disiapkan oleh pemerintah daerah adalah Balai latihan kerja berskala nasional guna menghasilkan tenaga kerja yang profesional.

Dengan balai pelatihan kerja, putra-putri asli Papua disiapkan menjadi tenaga kerja profesional guna pengembangan kawasan ekonomi khusus sehingga kehadiran KEK benar-benar membawa kesejahteraan bagi masyarakat Papua Barat," kata dia.*

Baca juga: Wisatawan asal Swiss terjebak di hutan Raja Ampat

Baca juga: Pelindo IV umumkan tarif pemandu kapal di Raja Ampat

Pewarta : Ernes Broning Kakisina
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar