Longsor bongkahan batu gunung macetkan lintas Banda Aceh-Meulaboh

id Berita Aceh Terkini,Berita Aceh Barat,Berita Aceh Jaya,Longsor Geurutee,Aceh Jaya

Sejumlah warga dan pengguna jalan berusaha memindahkan material batu gunung dan pepohonan di jalan lintas provinsi Banda Aceh-Meulaboh, tepatnya di kilometer 62 kawasan Gunung Geurutee, Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya, Senin (14/10/2019). ANTARA/HO-Aspri

Meulaboh (ANTARA) - Longsor batu gunung dan pepohonan di jalan lintas provinsi di jalur Banda Aceh-Meulaboh, tepatnya di kilometer 62 kawasan Gunung Geurutee, Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya, Senin siang menyebabkan Ratusan kendaraan roda dua dan roda empat terjebak di jalan.

Informasi yang diperoleh ANTARA, longsor tersebut terjadi sekitar pukul 13.00 WIB dan hingga menjelang Senin sore ratusan kendaraan yang akan melintas menuju ke Kota Banda Aceh atau pun ke Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat masih terjebak di lokasi kejadian.

"Saat ini pengguna jalan bersama petugas kepolisian, TNI, petugas pemadam BPBD Pos Jaya Lamno masih berusaha memindahkan material longsor dari badan jalan," kata Kepala Bidang Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah  (BPBD) Aceh Jaya, Ismail kepada ANTARA, Senin.

Baca juga: BNPB sebut tingginya jumlah korban bencana akibat longsor

Dampak bencana longsor tersebut juga mengakibatkan kemacetan sepanjang satu kilometer dari arah Banda Aceh atau pun Meulaboh, karena kendaraan tidak bisa melintas.

Penyebab longsor dinding gunung di daerah tersebut juga diduga kuat akibat guyuran hujan lebat yang melanda sebagian besar wilayah Provinsi Aceh sejak beberapa pekan terakhir.

BPBD Aceh Jaya juga memastikan tidak ada pengguna jalan yang menjadi korban dalam peristiwa tersebut.

"Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa dalam musibah ini," kata Ismail menambahkan.

Untuk mengatasi gangguan arus lalulintas di jalur lintas pantai barat selatan Aceh, BPBD Kabupaten Aceh Jaya berencana melakukan sistem buka tutup badan jalan satu arah, sehingga kemacetan di jalan raya dapat terurai dan memudahkan masyarakat yang akan bepergian, tuturnya.

Baca juga: Ruas jalan Pekanbaru-Duri longsor di km 70, lalu lintas tersendat
Baca juga: Longsor terjang jalan poros di Kutai Kartanegara

 

Pewarta : Teuku Dedi Iskandar
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar