Jakarta (ANTARA) - Panitia syukuran Inagurasi Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024 akan menyajikan sejumlah hiburan untuk mengisi momen pelantikan Joko Widodo-Ma’ruf Amin pada Minggu (20/10), di antaranya parade budaya dan nonton bareng.

Ketua Pelaksana Syukuran Inagurasi, Abdul Gani Nena Wea, dalam keterangan tertulisnya, Senin, mengatakan kegiatan tersebut akan dipusatkan di kawasan Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat hingga ke Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara.

Baca juga: TNI-Polri sediakan 30 ribu personel jelang pelantikan

"Acara tersebut dimulai pukul 12.00 WIB di area Patung Kuda hingga ke Istana Merdeka," katanya.

Dalam acara yang dibiayai oleh relawan Jokowi-Ma’ruf itu, terdapat enam panggung di sepanjang area tersebut untuk menyajikan pentas seni dan budaya diisi langsung oleh relawan.

"Disiapkan sekitar enam panggung untuk kegiatan seni dan budaya dari organisasi relawan Jokowi dan komponen masyarakat," ujarnya.

Baca juga: MPR putuskan pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin digelar pukul 14.30 WIB

Memasuki pukul 14.00 WIB, panitia menyediakan layar tancap untuk menonton secara "live" pelantikan Jokowi-Ma’ruf Amin.

"Kita menonton secara 'live' di Gedung MPR-DPR, nanti panitia akan disiapkan beberapa layar besar atau videotron untuk menonton kegiatan bersama," ucapnya.

Baca juga: Brigade 01 Jabar kirim ribuan relawan ke Jakarta dukung Jokowi-Ma'ruf

Setelah acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, katanya, kegiatan seni budaya dilanjutkan kembali dan mempersiapkan kedatangan Presiden dan Wakil Presiden.

Jokowi dan Ma’ruf Amin kemudian akan diarak dari Patung Kuda menuju Istana Negara.

Baca juga: Aliansi Relawan Jokowi siap kawal pelantikan presiden

Syukuran Inagurasi Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024 juga dilaksanakan di beberapa tempat secara bersamaan, seperti di Yogyakarta dan Kuningan, Jawa Barat.

Kegiatan di Yogyakarta dimulai pukul 15.00 WIB, diawali dengan penampilan "marching band" Universitas Gadjah Mada, kemudian dari barisan Prajurit Keraton dan komponen masyarakat lainnya.

Sementara itu untuk di Kuningan, Jawa Barat, kegiatan bertempat di lokasi Perjanjian Linggarjati saat kemerdekaan Indonesia. Acara tersebut akan digarap oleh komunitas milenial Kota Kuningan, dengan menampilkan parade budaya. Kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB.

Pewarta: Joko Susilo
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2019