Sydney (ANTARA) - Pasar saham Australia berakhir melonjak lebih dari satu persen pada perdagangan Rabu, menyusul kenaikan di bursa-bursa utama dipicu optimisme global baru.

Pada penutupan pasar, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 84,50 poin atau 1,27 persen menjadi 6.736,50 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas naik 79,90 poin atau 1,18 persen pada 6.843,20 poin.

Semua sektor cenderung lebih tinggi dengan pengecualian saham teknologi dan material yang sedikit lebih rendah.

Baca juga: Setelah sesi bergejolak, pasar saham Australia ditutup lebih tinggi

Sektor kebutuhan pokok konsumen memimpin kenaikan, meningkat lebih dari dua persen, sementara layanan kesehatan dan konsumen mengikuti.

"Saham-saham lokal telah didukung oleh awal musim laporan laba perusahaan AS yang lebih kuat dari perkiraan, yang membantu mengangkat sentimen," kata analis pasar Commsec, James Tao.

"Perbaikan pada bursa lokal relatif luas - keuangan telah menjadi salah satu kontributor utama untuk perbaikan keseluruhan."

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia melonjak dengan Commonwealth Bank naik 1,41 persen, ANZ naik 1,19 persen, National Australia Bank naik 1,51 persen dan Westpac Bank naik 1,04 persen.

Baca juga: Pasar saham Australia berakhir naik tajam ikuti tren bursa global

Saham-saham pertambangan melemah dengan BHP turun 0,11 persen, Rio Tinto turun 0,87 persen, Fortescue Metal turun 1,62 persen dan penambang emas Newcrest turun 0,18 persen.

Perusahaan-perusahaan minyak dan gas terangkat dengan Oil Search naik 0,98 persen, Santos naik 1,30 persen, dan Woodside Petroleum naik 0,73 persen.

Supermarket terbesar Australia menguat dengan Coles naik 0,92 persen dan Woolworths naik 2,49 persen.

Sementara raksasa telekomunikasi Telstra meningkat 1,98 persen, maskapai penerbang nasional Qantas tidak berubah dan perusahaan biomedis CSL terangkat 1,86 persen.

Baca juga: Keuntungan luas pasar saham Australia imbangi kemerosotan sumber daya

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019