Toyota Ultra Compact, mobil mungil baterai yang siap diproduksi

id toyota,mobil listrik,baterai mobil listrik,toyota i-road

Toyota Ultra-compact (ANTARA News/Toyota Global)

Jakarta (ANTARA) - Toyota Motor Corporation pada Kamis, mengumumkan kendaraan mungil masa depan berkonsep baterai (BEV/battery electric vehicle) bernama "Ultra-compact BEV" akan masuk dapur produksi, dan akan diperlihatkan kepada publik di pameran Tokyo Motor Show, 24 Oktober- 4 November 2019.

Mobil versi produksi yang menawarkan solusi mobilitas ramah lingkungan itu akan diluncurkan di Jepang pada 2020.

"Kami ingin menciptakan solusi mobilitas yang dapat mendukung masyarakat lanjut usia di Jepang dan memberikan kebebasan bergerak kepada orang-orang di semua level kehidupan," kata Kepala Pengembangan Toyota, Akihiro Yanaka, dilansir dari laman resmi perusahaan.
 
Ultra-compact BEV Concept Model for business (ANTARA News/Toyota Global)


"Melalui Ultra-compact BEV, kami dengan bangga menawarkan kendaraan yang tidak hanya memungkinkan otonomi lebih besar, melainkan yang membutuhkan lebih sedikit ruang, menciptakan lebih sedikit kebisingan dan mengurangi dampak lingkungan," kata dia.

Mobil mungil itu hanya memiliki dua kursi penumpang yang dirancang untuk keperluan transportasi harian, baik untuk kalangan lansia, pengemudi baru, atau pebisnis dengan mobilitas tinggi untuk mengunjungi pelanggan lokal di daerahnya.

Toyota menyebut mobil mungil itu dapat menjelajah 100 kilometer dalam sekali pengisian baterai dengan kecepatan maksimal 60 kilometer/jam.
 
Toyota i-Road Toyota i-Road dipamerkan pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 di ICE Serpong, Tangerang Selatan, Jumat (21/8).Toyota i-Road diciptakan dengan konsep menggabungkan nilai praktis sepeda motor dengan kenyamanan mengendarai mobil untuk kondisi lalulintas padat di perkotaan dengan memanfaatkan energi listrik menggunakan baterai yang bisa menempuh jarak 50km dengan kecepatan stabil 30 km/jam. (ANTARA News/Arina Suwanto)


Pabrikan
berlogo tiga elips itu juga berencana mengembangkan jaringan pengisian daya serta skema masa pakai baterai mulai dari produksi hingga daur ulang.

Pada pameran Tokyo Motor Show 2019, Toyota i-ROAD dan tiga mobil BEV dapat dijajal pengunjung pada arena sejauh 1,5 kilometer yang disiapkan penyelenggara.

Baca juga: Toyota Mirai versi baru bisa menjelajah lebih jauh

Baca juga: GranAce 2020 meluncur di Jepang setelah Tokyo Motor Show

Baca juga: Toyota luncurkan sedan Crown bergaya "sporty" di Jepang

Pewarta : Alviansyah Pasaribu
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar