Wall Street naik didukung laporan laba positif dan berita geopolitik

id Wall Street,indeks S&P,indeks Dow, indeka Nasdaq

Pintu masuk samping New York Stock Exchange dan tanda jalan Wall Street ditampilkan pada 11 Oktober 2013 di New York City. ANTARA/Shutterstock/pri.

New York (ANTARA) - Saham-saham di Wall Street menguat pada akhir perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB), karena sentimen investor didukung oleh serangkaian laporan laba perusahaan positif dan perkembangan geopolitik.

Reli berbasis luas memimpin ketiga indeks utama AS membukukan kenaikan moderat.

Inggris dan Uni Eropa menyetujui kesepakatan perpisahan, bergerak lebih dekat menuju penyelesaian tiga tahun ketidakpastian setelah warga Inggris memilih untuk meninggalkan blok tersebut.

Pernyataan optimis dari Beijing dan Washington juga memicu harapan bahwa perjanjian bertahap dapat meredakan perang dagang AS-China yang telah berlangsung lama dan telah mengguncang pasar selama berbulan-bulan.

Baca juga: Wall Street ditutup lebih rendah di tengah data ekonomi beragam

Sementara itu, Turki setuju untuk menghentikan serangan ke Suriah untuk memungkinkan penarikan pasukan Kurdi.

"Gencatan senjata Turki dipandang positif," kata Stephen Massocca, wakil presiden senior di Wedbush Securities di San Francisco. "Kabar baik untuk Trump adalah kabar baik bagi pasar."

"Dari perspektif investasi, pasar menyukai agenda Trump," tambah Massocca.

Analis sekarang memperkirakan laporan laba perusahaan-perusahaan S&P 500 kuartal ketiga turun 2,9 persen, menurut Refinitiv I/B/E/S, menandai kontraksi pertama sejak resesi laba yang berakhir pertengahan 2016.

Tetapi dari 63 perusahaan dalam S&P 500 yang telah melaporkan hasil keuangannya sejauh ini, 82,5 persen telah datang di atas perkiraan.

"(Hasil) sudah bagus, tapi kami belum benar-benar mendapatkan poin data yang cukup untuk melihat bagaimana laba akan dibandingkan dengan ekspektasi," kata Massocca. "Dihasilkan Google, dihasilkan Amazon, dihasilkan Facebook, dihasilkan Deere."

Morgan Stanley melengkapi pendapatan bank besar dengan laba kuartal ketiga yang lebih baik dari perkiraan, didorong oleh perdagangan obligasi dan kekuatan sebagai penasehat M&A, mengirimkan sahamnya naik 1,5 persen.

Pelopor streaming Netflix Inc terangkat 2,5 persen, setelah perusahaan melaporkan rebound pelanggan pada kuartal ketiga.

Indeks Dow Jones Industrial Average naik 23,90 poin atau 0,09 persen, menjadi berakhir di 27.025,88 poin. Indeks S&P 500 meningkat 8,26 poin atau 0,28 persen, menjadi ditutup di 2.997,95 poin. Indeks Komposit Nasdaq berakhir menguat 32,67 poin atau 0,40 persen, menjadi 8.156,85 poin.

Dari 11 sektor utama dalam S&P 500, semuanya kecuali teknologi ditutup dengan warna hitam, dengan layanan kesehatan, real estat dan layanan komunikasi menikmati persentase kenaikan terbesar.

Baca juga: Ikuti Wall Street, bursa saham Tokyo dibuka melambung tinggi
Baca juga: Saham-saham di Wall Street melambung, ditopang laporan laba yang kuat

Pewarta : Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar