hujan deras saat ini masih mengguyur di sekitar lokasi longsor
Meulaboh (ANTARA) - Ruas jalan provinsi di lintasan Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat menuju ke Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh, sepanjang Rabu (13/11) siang lumpuh total setelah badan jalan di kilometer 32 kawasan Desa Tungkop, Kecamatan Sungai Mas, Aceh Barat tertutup material longsor.

"Hingga Rabu siang, akses jalan Meulaboh-Geumpang, Pidie lumpuh total karena badan jalan tertutup material longsor tebing gunung," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Barat, Mukhtaruddin diwakili Koordinator Pusdalops, Mashuri.

Dampak musibah tersebut, sejumlah kendaraan roda dua dan roda empat yang akan melintas menuju ke Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat maupun ke Sigli, Ibukota Kabupaten Pidie ikut terjebak.

Baca juga: Aceh Barat kembali dilanda longsor yang menimbun jalan lintas
Baca juga: BPBA ajak warga bangun kesiagaan potensi banjir dan longsor


Menurutnya, longsornya tebing gunung di kawasan hutan tersebut diduga akibat guyuran hujan lebat yang melanda Aceh Barat sejak beberapa hari terakhir.

Mashuri juga memastikan tidak ada pengguna jalan yang menjadi korban dalam musibah tersebut.

BPBD Aceh Barat juga sedang berupaya membersihkan material longsor di lokasi, dengan cara berupaya mendatangkan alat berat untuk dikerahkan ke lokasi kejadian.

"Hujan deras saat ini masih mengguyur di sekitar lokasi longsor," kata Mashuri menambahkan.

BPBD Aceh Barat mengimbau pengguna jalan yang akan melintas di sekitar lokasi agar berhati-hati dan waspada, karena musibah longsor dapat terjadi secara tiba-tiba karena struktur tanah yang labil, katanya.

Baca juga: Longsor bongkahan batu gunung macetkan lintas Banda Aceh-Meulaboh
Baca juga: Jalan lintas Aceh Barat-Pidie terancam putus total akibat longsor

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019