Akibatnya, pohon-pohon, beberapa mobil tertimpa pohon, kaca gedung, tiang listrik, baliho, dan tiang antene rubuh
Serang (ANTARA) - Puluhan pohon tumbang, sejumlah bangunan perkantoran rusak dan beberapa kendaraan tertimpa pohon, akibat hujan deras dan angin kencang yang terjadi di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) di Kota Serang, Rabu.

Kawasan Kota Serang sekitar pukul 13.20 dilanda hujan, angin, dan petir. Beberapa kawasan dilanda kerusakan akibat hujan yang pertama di Kota Serang itu. Kawan pemukiman penduduk di Miyabon, jl Raya Petir hingga Boru terdampak oleh hujan angin.

Baca juga: Kantor Wabup Garut tertimpa pohon tua tumbang

Jalan Raya Syech Nawawi Al Bantani mengalami kemacetan dua arah dari Palima hingga perempatan Boru akibat pohon tumbang di badan jalan.

Di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) pepohonan, tiang listrik, baliho dan tiang antene rubuh. Jaringan listrik dan telekomunikasi sempat mengalami pemadaman sesaat dan sejumlah bangunan juga rusak akibat hujan angin tersebut dan tertimpa pohon.

Baca juga: Angin kencang rusak bangunan madrasah di Tulungagung

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Kominfo) Provinsi Banten, Komari mengatakan, hujan deras di sekitar KP3B terjadi sekitar pukul 13.00 WIB.

Pada awalnya, tanda-tanda hujan deras sudah terlihat sejak pukul 12.30 WIB berupa cuaca mendung dan gemuruh angin disertai kilat. Selanjutnya, sekitar pukul 13.00 WIB terjadi hujan lebat diserati angin kencang.

Baca juga: Puluhan rumah di Ngawi rusak akibat puting beliung

“Akibatnya, pohon-pohon, beberapa mobil tertimpa pohon, kaca gedung, tiang listrik, baliho, dan tiang antene rubuh," kata Komari.

Komari, yang sesaat setelah hujan reda, sekitar pukul 14.00 WIB, meninjau gedung-gedung organisasi perangkat daerah (OPD) di area KP3B mengatakan, hampir di setiap gedung OPD terdapat pohon tumbang yang menimpa pagar, areal parkir atau gedung. Di gedung Dinas Perhubungan dan Dinas Kominfo terdapat antene tumbang.

Selain di areal KP3B, Gedung Komisi Informasi Provinsi Banten di daerah Cipocok Jaya mengalami nasib serupa.

Petugas dari BPBD, PUPR, Satpol PP, Perkim, kepolisian dibantu masyarakat menyingkirkan pohon tumbang dari badan jalan untuk mengurai kemacetan jalan serta membantu warga yang rumahnya terdampak hujan dan angin kencang.


Petugas OPD Provinsi Banten juga telah membersihkan dan merapikan lingkungan kerjanya di KP3B akibat terdampak hujan dan angin kencang.

Pewarta: Mulyana
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2019