Jakarta (ANTARA) - Melalui label Meccanism, Zaskia Adya Mecca dan Tasya Medina memperkenalkan koleksi "Kaba" yang menggunakan motif ondel-ondel pada setiap potongan busananya.

Motif itu merupakan gambar tangan dari anak ketiga Zaskia yang bernama Bhai Kaba. Menurut istri dari Hanung Bramantyo itu, Kaba sangat menyukai ikon dari budaya Betawi tersebut.

Zaskia mengaplikasikan motif ondel-ondel pada semua koleksinya mulai dari syal (scraf), kemeja, bagian luar (outer) kimono hingga gaun (dress).

Seperti halnya ondel-ondel yang memiliki warna meriah, warna-warna yang digunakan pada koleksi ini pun beragam, seperti merah, kuning, biru, krem dan oranye.

Baca juga: Alasan Zaskia Mecca tak pernah ikut pagelaran busana

Baca juga: ISEF 2019 tampilkan 39 desainer di parade fesyen

 
Zaskia Adya Mecca melalui label Meccanism memperkenalkan koleksi "Kaba" di Indonesia Sharia Economic Festival 2019, Jakarta Convention Center, Kamis (14/11/2019) (ANTARA News/Maria Cicilia Galuh)


Ada delapan tampilan busana yang dihadirkan oleh Meccanism dan di akhir pagelaran, Zaskia pun membawa dua ondel-ondel ke panggung. Ondel-ondel itu diisi oleh anak kedua Zaskia, Kala Madali dan anak pertama Tasya Medina, Keefe Bazli.

Menurut Zaskia, menggunakan gambar tangan dari anaknya merupakan sebuah dukungan terhadap karya seni sang anak. Dia berharap anak-anaknya yang lain menjadi lebih bersemangat setelah melihat karya Kaba diabadikan dalam sebuah busana.

"Aku pengin anak-anakku ketika sudah besar ngelihatnya enggak cuma, 'Ini gambar kamu lho' tapi juga bahwa karya kalian jadi karya Bia (panggilan Zaskia) juga. Jadi aku sudah ngajak kolaborasi dari kecil biar mereka semangat berkarya," kata Zaskia di Indonesia Sharia Economic Festival 2019 di Jakarta Convention Center, Kamis.

Baca juga: Zaskia Sungkar andalkan cushion untuk riasan wajah

Baca juga: Sederhana tapi nyaman, tips pilih baju Lebaran ala Zaskia Sungkar

Baca juga: Zaskia Sungkar bicara makna berbagi

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019