New York (ANTARA) - Sidang Majelis Umum PBB kembali menegaskan kedaulatan luas Suriah atas Dataran Tinggi Golan, dan sumber dayanya, dan menuntut penguasa pendudukan menghentikan eksplorasi, merusak, pemborosan, menghabiskan dan membahayakan sumber daya alamnya.

Baca juga: PBB: Sikap kami mengenai Dataran Tinggi Golan dilandasi resolusi DK

Semua itu ditetapkan di dalam resolusi yang disepakati oleh Komite Keuangan dan Ekonomi (Komite Kedua) Sidang MU PBB, dengan 156 negara mendukung resolusi tersebut, dan enam menentang sementara 14 abstein, kata Kantor Berita Suriah, SANA --yang dipantau Antara di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Al-Jaari beritahu Guterres mengenai penolakan Suriah tentang Golan

Resolusi itu mengharuskan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menyerahkan satu laporan mengenai pelaksanaan resolusi tersebut dalam Sidang ke-76 Majelis Umum, yang akan meliputi dampak kumulatif dari eksploitasi oleh penguasa pendudukan Israel atas sumber daya alam di Dataran Tinggi Golan Suriah, yang diduduki.

Baca juga: Kelompok HAM di Golan keluhkan tindakan Israel ke PBB

Delegasi tetap Suriah di PBB mengatakan pemantauan sesungguhnya dan efektif atas pelanggaran Israel dan perlakuan mereka atas rakyat Suriah memerlukan metodologi yang berkelanjutan, pengembangan sumber informasi, pemutakhiran data, dan penjelasan posisi sah PBB berkaitan dengan pendudukan Israel.

Sumber: SANA Agency

Penerjemah: Chaidar Abdullah
Editor: Mohamad Anthoni
Copyright © ANTARA 2019