Komisi X DPR tinjau kesiapan sirkuit MotoGP Mandalika

id Komisi X DPR RI,DPR,MotoGP Mandalika,KEK Mandalika,Lombok ,NTb

Foto udara bentuk salah satu tikungan sirkuit saat pengerjaan galian tanah badan jalan Mandalika MotoGP Street Circuit di The Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Kamis (10/10/2019). ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/ama.

Mataram (ANTARA) - Komisi X DPR RI meninjau kesiapan sirkuit MotoGP di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Jumat.

Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda mengatakan kehadiran Komisi X di NTB tidak lain dalam rangka melihat dari dekat kesiapan pariwisata NTB, terlebih ke depan NTB khususnya KEK Mandalika akan menjadi tuan rumah pagelaran MotoGP 2021.

Ia menjelaskan, NTB memiliki posisi penting dalam kepariwisataan di tanah air karena memiliki potensi destinasi wisata yang begitu besar. 

"Ini tidak saja membawa nama NTB tetapi juga nama Indonesia," ujarnya saat diskusi kepariwisataan NTB, khususnya KEK Mandalika dengan para pelaku wisata, asosiasi wisata, PT ITDC, DPRD NTB dan jajaran Pemprov NTB.

Baca juga: Menpora pastikan sirkuit MotoGP Mandalika rampung sesuai jadwal
Baca juga: Gubernur NTB: Pernyataan Menpora soal MotoGP Mandalika sebuah motivasi


Kepala Dinas Pariwisata NTB, Lalu Moh Faozal mengakui, sejauh ini kesiapan NTB menyambut MotoGP Mandalika sudah berjalan dengan baik dan sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.

Selain kesiapan Mandalika sebagai lokasi MotoGP, lanjut Faozal, pariwisata NTB secara perlahan-lahan sudah bangkit pascagempa yang terjadi pada 2018. Hal ini membuktikan proses pemulihan pariwisata NTB begitulah cepat.

"Proses pemulihan (recovery) pariwisata pascaterjadinya gempa tidak memakan waktu lama, contoh di Gili Trawangan, pemulihannya lebih cepat dari prediksi, karena setelah beberapa hari gempa wisatawan sudah banyak datang, terutama. mancanegara," jelas Faozal.

Faozal mengaku optimis, pelaksanaan MotoGP di KEK Mandalika dapat berjalan sukses nantinya. Mengingat dukungan pemerintah, mulai anggaran dan promosi melalui sejumlah kementerian atau lembaga, di antaranya dukungan anggaran untuk membangun akses infrastruktur jalan bypass dari Bandara Internasional Lombok (BIL) ke Mandalika di Desa Kuta.

"Kami optimis ini dapat berjalan sukses," katanya.

Baca juga: CEO Dorna optimistis MotoGP Mandalika diminati penonton
Baca juga: Sirkuit Mandalika siap dipakai tes pra-musim MotoGP
Baca juga: MotoGP Mandalika ditargetkan dikunjungi 100 ribu wisatawan


 

Pewarta : Nur Imansyah
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar