Jakarta (ANTARA) - Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Sydney (KJRI Sydney) mengadakan pelayanan terpadu di Murrarie Progress Hall, Queensland, Sabtu (23/11), untuk memberikan perlindungan maksimal bagi Warga Negara Indonesia (WNI) di Australia.

Tim Pelayanan KJRI Sydney melakukan jemput bola pelayanan terpadu bagi WNI yang berdomisili di kota Gold Coast, Brisbane, dan daerah-daerah sekitarnya di negara bagian Queensland, menurut keterangan dari KJRI Sydney yang diterima di Jakarta, Minggu.

Baca juga: Konjen RI harapkan media Australia publikasikan hubungan kedua negara

Terobosan pelayanan terintegrasi ini merupakan program kolaborasi dan sinergi antara KJRI Sydney dan Kusuma Indonesia Community Australia (KICA) serta masyarakat Indonesia di Kota Gold Coast dan Kota Brisbane.

Lebih dari 150 orang WNI mendapatkan pelayanan pada kesempatan tersebut.

Tim KJRI Sydney memberikan pelayanan, antara lain diseminasi informasi ketentuan-ketentuan keimigrasian dan ketenagakerjaan yang berlaku di Indonesia dan di Australia, pendampingan warga melakukan lapor diri secara on-line di portal peduli WNI, pelayanan paspor, serta pelayanan dokumen keimigrasian dan kekonsuleran lainnya.

Baca juga: Konjen tekankan kerja sama Indonesia-Australia hadapi ancaman global

Konsul Jenderal Republik Indonesia di Sydney, Heru Hartanto Subolo menghimbau masyarakat Indonesia di negara bagian Queensland untuk senantiasa menghormati ketentuan hukum setempat.

Konjen Subolo juga mendorong masyarakat Indonesia untuk berkontribusi pada implementasi kemitraan strategis komprehensif Indonesia dan Australia, dan turut mengambil manfaat dari peluang-peluang yang ditawarkan kemitraan baru Indonesia dan Australia tersebut.

"Teruslah menjadi duta-duta Indonesia di Australia, hormati dan patuhilah ketentuan-ketentuan setempat, dan pastikan melakukan lapor diri pada portal peduli WNI. Lapor diri di portal Peduli WNI mendukung Pemerintah Indonesia melalui KJRI Sydney memberikan perlindungan maksimal bagi Ibu Bapak di Australia" ujar Konjen Subolo.

Baca juga: KJRI Sydney uji sistem keimigrasian langsung ke WNI

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Mohamad Anthoni
Copyright © ANTARA 2019