Ini bisa jadi "role model" bagi kementerian untuk diterapkan di daerah lain
Surabaya (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati memuji program "Pahlawan Ekonomi "dari Pemerintah Kota Surabaya, Jawa Timur, yang dianggap memberdayakan perempuan di bidang wirausaha.

Bintang, sapaan akrab Menteri PPPA saat meninjau pelatihan di KAZA Surabaya, Minggu, mengatakan dirinya mengapresiasi kebijakan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang sangat memberdayakan perempuan sesuai arahan Presiden Joko Widodo.

"Dengan adanya Pahlawan Ekonomi yang didampingi dari hulu sampai hilir, kami menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap Bu Risma. Ini bisa jadi 'role model' bagi kementerian untuk diterapkan di daerah lain," ujarnya.

Ia juga memuji konsep pemasaran yang dijalankan di Pahlawan Ekonomi, yang menurutnya membuat perempuan selain ikut berperan dalam ekonomi keluarga, juga punya tugas utama pendamping suami dan pendidik anak.

"Di Pahlawan Ekonomi, selain yang expert di bidangnya, di sini ada istilah pekerja rumahan juga bisa melakukan usaha. Jadi di rumah bisa memroduksi dan pemasaran di daring (dalam jaringan). Jadi melek digital saat ini sangat penting," katanya.

Sebab, kata dia, saat ini masih ada paradigma bahwa perempuan punya banyak peran baik domestik maupun publik dan di satu sisi yang tidak bisa ditinggalkan adalah anak-anak yang masih kecil.

"Di sini sudah dibekali melalui pelatihan di rumah. Jika di rumah maka harus melek digital. Ini paket lengkap di Pahlawan Ekonomi perempuan," katanya.

Selain terus didampingi mentor, lanjut dia, kualitas produk kemasan di Pahlawan Ekonomi sangat terjaga sehingga jika bicara pasar, kemasannya sangat bagus.

"Jadi sudah sampai masuk maskapai itu sangat luar biasa. Kendala dari pelaku industri adalah pasar. Mereka mampu memproduksi tapi tidak ada pasar," demikian  I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Baca juga: UMKM disebut sebagai pahlawan ekonomi

Baca juga: Wali Kota Surabaya paparkan Pahlawan Ekonomi di Tiongkok

Baca juga: Perwakilan Facebook kunjungi UKM Pahlawan Ekonomi di Surabaya

Pewarta: Fiqih Arfani/Willy Irawan
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019