Rumah mereka ada yang mengalami kerusakan dan juga ada terendam lumpur
Sigi (ANTARA) - Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) dengan sigap bergerak membantu korban banjir bandang yang melanda Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah pada Kamis (12/12) malam, merusak dan merendam rumah warga dengan lumpur.

"Tim MRI-ACT Sigi kini masih berada di lokasi untuk membantu warga membersihkan barang-barang mereka dan melakukan asesmen untuk menurunkan bantuan," kata Afandi melalui keterangan resminya pada ANTARA, Sabtu.

Banjir Bandang menerjang Dusun III Pangana, Desa Bolapapu, Kecamatan Kulawi, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah pada pukul 18:30 WITA, Kamis (12/12). Akibatnya, sejumlah warga mengungsi dan dua orang meninggal dunia dalam bencana ini.

Baca juga: Bantu korban banjir bandang Sigi, ratusan polisi diterjunkan

Masing-masing korban yang berumur 50 tahun dan 10 tahun tersebut sedang terlelap ketika banjir datang dan tidak sempat menyelamatkan diri hingga arus deras membawa tubuh mereka.

Sementara itu, kata Afandi, belum dapat dipastikan baik jumlah warga maupun bangunan terdampak. Namun, hasil asesmen tim Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) – ACT menyatakan jumlahnya sekitar puluhan rumah.

“Rumah mereka ada yang mengalami kerusakan dan juga ada yang terendam lumpur, sehingga untuk sementara belum dapat ditinggali kembali," kata Afandi.

Afandi mengungkapkan warga masih bahu-membahu menyelamatkan barang berharga dan relawan ACT membantu evakuasi warga lainnya yang masih terjebak banjir. Warga terdampak juga kini mengungsi di beberapa titik.

Ada tiga titik pengungsian untuk warga, yakni di Sekolah Dasar Dasar Bala Keselamatan, kantor camat, dan hunian sementara yang diberikan pasca gempa 2018 lalu. Beberapa warga juga ada yang mengungsi ke rumah kerabat mereka.

"Rencananya untuk warga terdampak akan kita berikan bantuan berupa paket pangan siap santap,” jelas Afandi.

Saat ini, lanjut Afandi, warga kini membutuhkan sejumlah bantuan berupa selimut, alat pengusir nyamuk, makanan dan minuman, tikar atau alas tidur.

ACT membuka kesempatan bagi masyarakat peduli yang ingin berpartisipasi melalui link https://bit.ly/donasikemanusiaan.

Baca juga: Korban banjir bandang Sigi diberi bantuan ratusan paket ACT Sulteng

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019