Kendari (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tenggara, Brigjen Pol Merdisyam mengungkapkan bahwa pihaknya bersama tim gabungan menyiapkan 3.500 personel untuk mengamankan perayaan Natal 2019 dan tahun baru 2020.

"Sebanyak 3.500 personel gabungan baik dari Polri, TNI maupun unsur terkait seperti pemerintah daerah setempat siap melakukan pengamanan Natal dan tahun baru di Sultra," kata Brigjen Pol Merdisyam, di Kendari, Selasa.

Polda Sultra telah menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) lintas sektoral bidang operasional bersama tim gabungan baik dari TNI maupun Pemda dalam rangka menggelar persiapan Operasi Lilin 2019.

Merdisyam juga mengungkapkan bahwa pihaknya turut melibatkan unsur-unsur di luar komponen pengamanan menjelang dua hari besar tersebut yaitu masyarakat.

Dimana, kata dia, pengamanan ini berlaku secara serentak baik ditingkat Provinsi maupun Kabupaten/kota se-Sultra.
Kapolda Sulawesi Tenggara, Brigjen Pol Merdisyam saat diwawancara usai menggelar rapat koordinasi lintas sektoral bidang operasional bersama tim gabungan baik dari TNI maupun Pemda dalam rangka menggelar persiapan Operasi Lilin 2019. (ANTARA/Harianto)


Ia mengungkapkan, bahwa yang akan menjadi fokus pengamanan dalam Operasi Lilin 2019 adalah tempat-tempat peribadatan kaum Nasrani dan titik-titik kumpul masyarakat yang potensial, juga akan diamankan.

"Ada beberapa titik yang sudah kami tandai khusus daerah ibu kota Provinsi Sultra yang menjadi titik kumpul di masyarakat khususnya pada malam penyambutan tahun baru 2020. Sama halnya pada kegiatan natal nantinya, gereja-gereja dan tempat-tempat misa akan kami amankan," ungkapnya.

Ia mengimbau kepada seluruh masyarakat agar lebih memerhatikan ketertiban saat menggelar perayaan Natal maupun tahun baru, ia juga berpesan agar masyarakat Sultra bersama-sama meningkatkan kegiatan ibadah sebagai perwujudan rasa syukur dalam menyambut tahun baru.

Baca juga: Polres Malang terjunkan 500 personel gabungan amankan Natal

Baca juga: Polresta Tangerang periksa kelengkapan kendaraan jelang Operasi Lilin

Baca juga: Polda Kalbar gelar rakor Operasi Lilin Kapuas 2019

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019