Makassar (ANTARA) - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah (FKIP Unismuh) meluncurkan radio internet podcast Talk9 di Makassar.

Perbedaan radio FM/AM yang konvensional dengan radio internet atau populer disebut podcast yakni seseorang bisa mendengarkan kapan saja dan juga bisa mendonlotnya sementara radio disiarkan pada waktu tertentu.

"Berdasarkan dengan perkembangan zaman dan dunia teknologi yang begitu pesat, Unit Kerjasama dan Publikasi Internasional FKIP Unismuh Makassar kembali meluncurkan Program Media Informatif yaitu Podcast TALK9," kata Kepala UKPI FKIP Wildhan Burhanuddin di Makassar, Sabtu.

Ia menjelaskan perkembangan dunia kepenyiaran saat ini mulai bergeser dari radio menjadi podcast.

"Siaran Podcast TALK9 ini berasal dari TALK yang artinya berbicara dan Angka 9 diambil dari kata Salapang, atau dari jalan Talla Salapang, terletak di sekitaran kampus Unismuh Makassar," sebut Wildhan.

Dekan FKIP, Erwin Akib dalam sambutannya mengatakan bahwa FKIP Unismuh Makassar terus berpacu dalam mengikuti era perkembangan teknologi sekarang ini, Dunia Podcast akan melahirkan satu produk interaktif baru antar dosen, mahasiswa dan masyarakat pendengar.

Nantinya Podcast TALK9 sebagai media pembelajaran yang efektif dan menarik karena  bisa didengarkan oleh khalayak sekitar, baik itu dalam dan luar negeri secara gratis.

Selain itu, Podcast ini akan membahas dan membagi banyak hal tentang segala sisi kehidupan (Pendidikan, Politik, Ekonomi, Sosial, Hukum, Seni, Budaya, Bahasa, dan Agama) secara akademik dengan gaya diskusi yang santai namun tetap kritis, tajam dan teruji.

Tagline dari TALK9 ini “The More You Talk, The More You Learn”.

Selain itu Podcast TALK9 ini bisa didengarkan melalui aplikasi https://anchor.fm/talk9 dan ttps://open.spotify.com/show/4OvriiXuUdGK5xsKm34rj2, dan channel Youtube Talk Salapang.

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019