Karena peserta BPJamsostek bukan hanya pekerja penerima upah tapi juga bukan penerima upah seperti nelayan, pengojek, pedagang, sopir dan sebagainya.
Manado (ANTARA) - Ketua Komisi IX DPR Felly Estelita Runtuwene mendorong peningkatan sosialisasi manfaat Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) kepada seluruh lapisan masyatakat.

"Di setiap reses anggota Komisi IX DPR maupun DPRD provinsi dan kabupaten kota harus memberikan waktu sosialisasi manfaat BPJamsostek ini," katanya saat kunjungan kerja di Manado, Sulawesi Utara, Jumat.

Felly mengatakan hal ini sangat penting sehingga semua lapisan masyarakat lebih paham akan manfaat BPJamsostek dan diharapkan mereka akhisnya bisa menjadi peserta.

Karena, kata Felly Estelita Runtuwene, peserta BPJamsostek bukan hanya pekerja penerima upah tapi juga bukan penerima upah seperti nelayan, pengojek, pedagang, sopir dan sebagainya.

Kepala BPJamsostek Cabang Manado Hendrayanto mengatakan pihaknya terus menyosialisasikan jaminan sosial kepada kepala daerah di 15 kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), juga perusahaan dan pelaku bisnis lainnya.

Dia mengatakan bahwa ada begitu banyak pegawai non-ASN yang berada di pemerintahan 15 kabupaten dan kota di Sulut mulai dari tenaga honorer, guru honorer, petugas kebersihan, pegawai di kelurahan dan desa.

"Kami mendorong karena hal ini merupakan amanat undang-undang yang harus dijalankan," katanya.

Untuk tahap awal yakni, sosialisasi dan edukasi kepada pemerintah daerah, dan nantinya mungkin akan dianggarkan dalam APBD.

Namun, kata dia, setidaknya saat ini sudah ada beberapa kabupaten dan kota yang menjamin tenaga kerja non-ASN agar mendapatkan perlindungan.

Hal ini sangat penting karena pegawai tersebut hanya membayar iuran sebesar Rp16.800 per bulan akan dijamin Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

Selain itu, juga menggugah masyarakat yang berkelebihan untuk berdiakonia dengan pekerja rentan dalam membayar iuran BPJamsostek, demikian Hendrayanto.

Baca juga: Fasilitasi anggota KPU dijamin BPJamsostek diupayakan Komisi IV DPR

Baca juga: Kemnaker dan Komisi IX minta layanan BPJS dipermudah

Baca juga: Komisi-IX DPR-RI dorong BPJamsostek gandeng Imigrasi lindungi TKA

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020