Polisi gelar pengamanan perayaan Tahun Baru Imlek di Solo

id Polresta Surakarta antisipasi ,pengamanan perayaan Tahun Baru Imlek

Waka P:olres Kota Surakarta AKBP Iwan Saktiadi saat memantau kondisi arus lalu lintas kawasan Bundaran Pasar Gede Solo dari ruangan Traffic Managemet Center (TMC) Satlantas Polresta Surakarta, Rabu. (ANTARA/Bambang Dwi Marwoto)

Solo (ANTARA) - Polres Kota Surakarta menurunkan sebanyak 201 personel ditambah anggota TNI dan instansi terkait sebagai langkah antisipasi pengamanan dalam acara perayaan menyambut Tahun Baru Imlek 2571 yang digelar di bundaran Pasar Gede hingga Gladag Solo, pada Jumat (24/1) malam.

Wakil Kepala Polresta Surakarta AKBP Iwan Saktiadi, di Solo, Rabu, mengatakan, sebanyak 201 personel sudah disiapkan ditambah satu satuan setingkat peleton (SST) dari Brimob yang akan mempertebal pengamanan di lokasi perayaan Imlek di Solo.

Baca juga: Presiden diharapkan buka Imlek dan Cap Go Meh di Singkawang

Baca juga: Puluhan replika "naga emas" akan meriahkan CGM Pontianak

Baca juga: Pesanan kue keranjang jelang Imlek disebut menurun, ini penyebabnya


Namun hal tersebut bisa fluktuatif. Jikalau ada kejadian yang melibatkan banyak masyarakat atau terjadi kemacetan di lokasi perayaan atau kekurangan personel maka dapat ditambah lagi, katanya.

Perayaan Imlek tentu bakal dihadiri ribuan masyarakat. Potensi ancaman yang muncul antara lain tindak kejahatan, anak hilang, masyarakat pingsan karena kelelahan berdesakan-desakan.

Untuk mengantisipasi hal tersebut Polresta Surakarta bekerja sama dengan Dinas Kesehatan setempat menyiapkan tenaga medis dan mobil ambulance. Santuan Binmas dan Sabhara Polresta Surakarta menempatkan petugas mobile jalan kaki di tengah-tengah masyarakat.

"Kami juga mengerahkan mobil dengan pengeras suara untuk mengingatkan masyarakat agar tetap berhati-hati, waspada, dan meningkatkan pengamanan diri agar tidak kecopetan, kehilangan anak, dan lain sebagainya," katanya.

Pospam insendetil disiapkan di Balaikota Surakarta untuk mengkonsentrasikan anggota agar lebih fokus mengamankan lokasi. Pospam ini mempermudah koordinasi dan pengendalian anggota pengamanan lokasi perayaan.

"Kami dalam melakukan pengamanan tidak lepas dari dukungan anggota TNI terutama Kodim 0735 Surakarta," katanya.

Perayaan Solo Imlek Festival digelar sejak tanggal 14 Januari hingga tanggal 8 Februari mendatang. Polresta Surakarta melakukan pengamanan mulai dari kirab budaya Grebeg Sudiro dan Imlek di bundaran Pasar Gede hingga sepanjang Jalan Jenderal Sudirman Solo.

Malam penutupan Grebeg Sudiro di kawasan bundaran Pasar Gede Solo, Jumat (24/1), akan menampilkan berbagai pertunjukan seni budaya dan panggung hiburan rakyat.

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar