Para wisatawan harus tahu bahwa ada pemilu di Indonesia. Kemudian, mereka bisa peduli dengan pemilu, dan menggunakan hak pilih mereka
Kota Batu, Jawa Timur (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) meresmikan Rumah Pintar Pemilu Nasional yang dibangun di salah satu destinasi tujuan wisata di Kota Batu, Jawa Timur, agar bisa memberikan edukasi tentang pemilu di Indonesia kepada para wisatawan.

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, Rumah Pintar Pemilu Nasional ketiga di Indonesia itu, ditempatkan di Jawa Timur Park 1, Kota Batu, yang diharapkan bisa menjadi wadah edukasi sekaligus daya tarik bagi para wisatawan yang berkunjung.

"Para wisatawan harus tahu bahwa ada pemilu di Indonesia. Kemudian, mereka bisa peduli dengan pemilu, dan menggunakan hak pilih mereka," kata Arief, di Kota Batu, Jawa Timur, Jumat.

Baca juga: Ketua KPU akui OTT pengaruhi kepercayaan publik

Arief menilai, keberadaan Rumah Pintar Pemilu Nasional di Kota Batu tersebut, telah mendapatkan sentuhan yang lebih modern dibandingkan Rumah Pintar Pemilu lainnya. Buku-buku, foto, dan permainan dikemas secara digital untuk menarik minat pengunjung.

Dengan edukasi yang didapatkan wisatawan di Rumah Pintar Pemilu Nasional tersebut, lanjut Arief, diharapkan masyarakat bisa memberikan edukasi ke lingkungan sekitar untuk menggunakan hak pilih pada saat pelaksanaan berbagai proses pemilihan umum.

"Kemudian untuk skala yang lebih luas, diharapkan masyarakat mampu melakukan edukasi di sekitarnya, supaya menggunakan hak pilih, atau tidak menerima politik uang," ujar Arief.

Baca juga: Ketua KPU RI lantik 180 komisioner kabupaten/kota di Jatim

Rumah Pintar Pemilu Nasional tersebut terbagi dari lima zona, yakni audio visual, hoaks, simulasi, mini perpustakaan, dan zona foto. Salah satu zona yang menarik adalah zona hoaks, dimana pada zona tersebut berisi berita bohong yang menyerang KPU, beserta klarifikasi yang telah disampaikan.

Secara keseluruhan, ada tiga Rumah Pintar Pemilu Nasional yang ada di Indonesia. Pertama berada di Kantor KPU RI di DKI Jakarta, kemudian di Taman Pintar, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan yang ketiga berada di Kota Batu, Jawa Timur. Rencananya, KPU juga akan membangun Museum Pemilu, di Minahasa, Sulawesi Utara.

Sementara untuk Rumah Pintar Pemilu, KPU telah mendirikan di seluruh jaringan kantor KPU yang berada di 514 kabupaten kota, pada 34 provinsi di Indonesia, untuk memberikan edukasi terkait pemilu kepada masyarakat.

Baca juga: KPU: E-rekap hemat anggaran logistik pemilu

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2020