Medan (ANTARA) - Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Martuani Sormin menegaskan perayaan malam Imlek 2571 Tahun 2020, di wilayah hukum Sumut berjalan dengan aman, tertib, dan nyaman, serta tidak ada ditemui kendala di lapangan.

"Pengamanan malam Imlek BKO jajaran Polrestabes Medan, Polres Belawan, Langkat, Labuhanbatu dan Asahan, berlangsung aman," kata Martuani menjawab wartawan, Jumat malam (24/1) usai mengecek pengamanan tiga Vihara di Medan, yakni Vihara Borobudur, Vihara Setia Budi, dan Maha Vihara Maetreya Cemara Asri.

Ia mengatakan, pengamanan perayaan malam Imlek di Kota Medan ini, juga melibatkan sejumlah personel dari Kodam I Bukit Barisan.

"Polda Sumut dan Kodam I/BB tetap bersama menjaga keamaan pada malam Imlek tersebut," kata mantan Asisten Operasi (Asops) Kapolri itu.

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Martuani Sormin didampingi Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan Pangdam I Bukit Barisan Mayjen TNI MS Fadhilah melakukan pengecekan pengamanan sejumlah Vihara di Kota Medan, dalam rangka perayaan Imlek 2571 Tahun 2020, Sabtu (25/1) malam.

Vihara yang dikunjungi itu, yakni Vihara Borobudur Jalan Imam Bonjol, Vihara Setia Budi Jalan Irian Barat, dan Maha Vihara Maitreya di Perumahan Cemara Asri.

Vihara yang pertama dikunjungi Forkopimda Provinsi Sumut adalah Vihara Borobudur, kedua Vihara Setia Budi, dan ketiga Maha Vihara Maitreya Cemara Asri.

Dalam pengecekan di Vihara Setia Budi, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Pangdam I/BB Mayjen MS Fadhilah dan Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin juga didampingi Ketua DPD Walubi Sumut dr.Indra Wahidin, beserta sejumlah Bhiksu.

Sebelumnya, Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) mengerahkan sebanyak 2.473 personel dalam rangka pengamanan perayaan Imlek 2571 Tahun 2020.

Baca juga: Anies Baswedan: Tahun ini pemprov mulai lakukan Jakarta Imlekan

Baca juga: Polda Jambi siagakan 350 personel saat perayaan Imlek

Baca juga: 728 personel gabungan amankan perayaan Imlek di Medan

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2020