Pekanbaru (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Nazir, menyatakan pesan viral di media sosial yang menyebutkan di Kota Pekanbaru ditemukan korban virus corona, adalah kabar bohong atau hoaks.

Mimi Nazir di Pekanbaru, Ahad, mengatakan pesan yang tidak bisa dipertanggungjawabkan itu beredar terutama melalui aplikasi whatsApp (WA). Dalam pesan tersebut disebutkan bahwa ada seorang pasien yang positif virus corona baru (nCorv) di Rumah Sakit Eka Hospital dan langsung dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad.

Dalam pesan yang tersebar itu disebutkan bahwa penderita baru saja pulang dari China untuk merayakan tahun baru Imlek. Pesan tersebut kini tersebar dan menimbulkan keresahan di tengah masyarakat.

Baca juga: Pemprov Riau bantu keuangan WNI di Wuhan karena kemanusiaan

Baca juga: Pemkab Bengkalis siapkan ruang isolasi antisipasi pasien corona

Baca juga: Imigrasi Riau perketat pemeriksaan WNA China cegah virus corona


"Ada WA yang sudah beredar kemana-mana terkait hal tersebut. Saya bantu jawab, ya, itu tidak benar," kata Mimi Nazir.

Ia mengatakan indikasi bahwa kabar tersebut hoaks makin diperkuat dengan pernyataan direktur RS Eka Hospital dan dokter ketua Tim penanganan nCorV Riau.

Direktur RSUD Arifin Achmad, dr. Nuzelly MARS, menyatakan mekanisme info kalau ada ditemukan ciri-ciri terduga nCorV di pintu masuk bandara maupun pelabuhan atau RS dan fasilitas kesehatan lainnya maka akan dikonfirmasi dulu kepada Ketua Tim nCorV RSUD Arifin Achmad yaitu dr. Indra Yovie,SpP,

"Agar pengelolaannya bisa ditata sejak awal dan sesuai standar yang sudah disosialisasikan. Setelah pasien diobservasi di ruang isolasi, maka akan kami sampaikan rilis resminya untuk menghindari misinformasi," kata Nuzelly.

RSUD Arifin Achmad yang merupakan RS milik Pemprov Riau merupakan rujukan untuk penanganan kasus corona dan ditempat tersebut sudah ada ruang isolasi dan tenaga medis untuk melakukan penanganan.*

Baca juga: Enam mahasiswa Riau berada di Wuhan China dalam kondisi sehat

Baca juga: Pasang pemindai suhu, Pelabuhan Internasional Dumai siaga virus corona

Baca juga: RSUD Arifin Achmad Riau siapkan ruang isolasi pasien terduga corona

Pewarta: FB Anggoro
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020