Jakarta (ANTARA) - Kelompok atraksi kesenian asal Taiwan, Electric-Techno Neon Gods dan grup musik Formosa Melody Music Center (FMMC) kembali menampilkan pertunjukan seni ala mereka di Indonesia.

Berlokasi di mal Grand Indonesia, Jakarta, Jumat, grup Electric-Techno Neon Gods yang identik dengan kostum ondel-ondel versi Taiwan menghadirkan kombinasi musik elektronik karnaval gaya kuil dalam bentuk pertunjukan seni rakyat.

Mereka juga menggunakan irama khas dan jenis musik “techno”, dengan campuran warna dewa tradisional dan tampilan modern.

Dari segi tampilan, ondel-ondel Taiwan umumnya memiliki alis tebal dan memakai pakaian tradisional Taiwan berwarna-warni serta mahkota.

Baca juga: Mahasiswa Lampung ikuti lomba tari di Taiwan

Grup ini biasanya mengadakan pertunjukan seperti di acara festival rakyat dan acara budaya lokal "Troupes".

Umumnya, kelompok pemain saling unjuk kebolehan dan bersaing secara damai, menciptakan suasana kuil yang penuh sukacita.

Pertujukan asal Taiwan juga diramaikan kelompok Formosa Melody Music Center (FMMC) yang menunjukkan kemampuan bermusik mereka menggunakan instrumen tradisional Taiwan.

Ini bukan kali pertama mereka tampil. Sebelumnya grup yang berdiri pada tahun 1994 di Yilan, Taiwan itu pernah dua kali mengunjungi Indonesia untuk mengadakan pertunjukan serupa.

Tahun ini, selain di Jakarta, mereka bersama grup Ondel-Ondel Taiwan juga berpartisipasi dalam acara perayaan "Cap Goh Me Bogor Street Festival" yang akan berlangsung besok, (8/2).

Baca juga: Perkenalan secuplik Taiwan lewat sirkus modern

Baca juga: Duta pemuda Taiwan-Fatayat kolaborasi di pentas seni

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020