Jakarta (ANTARA) - Organisasi Perempuan Jenggala bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat menggelar aksi kemanusiaan donor darah, sebagai rasa syukur memasuki usia satu tahun Perempuan Jenggala di Jakarta, Selasa.

Perempuan Jenggala, sebagai jaringan vertikal dari Jenggala Center yang dimiliki oleh politisi senior Golkar sekaligus Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla, merasa perlu turut andil dalam mengkampanyekan pentingnya aksi donor darah kepada masyarakat luas.

"Acara donor darah ini merupakan implementasi dari visi misi Perempuan Jenggala yang peduli terhadap aksi-aksi sosial kemanusiaan. Mengingat Bapak Jusuf Kalla merupakan Ketua Palang Merah Indonesia, maka kebaikan-kebaikan yang beliau lakukan harus terus kita jalankan," kata Ketua Umum Perempuan Jenggala, Vicky W Kartiwa dalam keterangan di Jakarta, Selasa.

Dalam kegiatan yang dihadiri Ketua Dewan Pembina Jenggala Center Iskandar Mandji, Ketua Umum Jenggala Center Ibnu Munzir dan Ketua Umum Kowani Giwo Rubianto itu, turut ambil bagian sebanyak 75 orang pendonor darah.

Selain itu puluhan personel Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) juga ikut mendonorkan darah dan memeriahkan acara tersebut.

Vicky mengatakan Perempuan Jenggala ingin terus menebar kebaikan dan hal-hal positif dalam perjalanan organisasinya. Dia mengatakan sejauh ini Perempuan Jenggala telah banyak melakukan kegiatan mulai dari kepedulian terhadap masalah kesehatan masyarakat, bakti sosial, hingga kampanye toleransi.

“Perempuan Jenggala ingin terus berkontribusi bagi kepentingan masyarakat luas. Kegiatan donor darah ini tak hanya memberikan dampak baik bagi kesehatan pendonor, namun juga mampu menyelamatkan nyawa manusia," ujar Vicky.

Di tempat yang sama, dr Linda Lukitasari sebagai Ketua Unit Donor Darah PMI pusat yang juga merupakan Wakil Ketua Umum Perempuan Jenggala mengungkapkan, berdasarkan data PMI pusat, kaum perempuan yang mendonorkan darah hingga saat ini baru 27 persen dari total pendonor di Indonesia.

Perempuan Jenggala berharap kampanye donor darah itu akan mendorong semakin banyak perempuan Indonesia yang terlibat dalam kegiatan serupa.

Dia mengatakan salah satu cita-cita besar Perempuan Jenggala adalah mendorong peran aktif perempuan terhadap kepedulian sosial dan mampu memberikan kontribusi nyata terhadap kemajuan bangsa, sebagaimana tiga pilar organisasi Perempuan Jenggala yakni Education, Empowerment dan Sosial Welfare.


Baca juga: Jenggala NTB gelar silaturahmi lintas tokoh bersama Wapres

Baca juga: Jokowi hadiri rapat konsolidasi nasional Jenggala Center

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2020