Ini cukup memudahkan kami dalam memantau pelanggan secara nasional, karena history nasabah atau calon tertanggung semuanya tercatat dalam CRM
Jakarta (ANTARA) - Dalam upaya transformasi menjadi asuransi digital, PT Askrindo (Persero) menerapkan aplikasi Customer Relationship Management (CRM) guna meningkatkan pelayanan terhadap nasabah, baik tertanggung maupun calon tertanggung.

Aplikasi CRM merupakan perangkat penjualan yang telah ditanamkan pada setiap gadget pemasar guna meningkatkan efektivitas pemasaran. Selain CRM, Askrindo juga menerapkan sistem Askrindo Internal Rating (AIR).

"Dengan adanya kedua aplikasi ini pelayanan kepada tertanggung atau calon tertanggung menjadi lebih cepat, akuntabel dan juga transparan," kata Direktur Operasional Ritel Askrindo Anton F Siregar di Jakarta, Kamis.

Menurut Anton, kontribusi CRM ke depannya akan sangat besar bagi perusahaan. CRM, lanjut dia, mampu meningkatkan bisnis langsung hingga 20 persen. Selain itu manajemen juga dapat memantau seluruh aktivitas penjualan dari mulai prospek hingga akhirnya bisnis tersebut tercapai.

"Ini cukup memudahkan kami dalam memantau pelanggan secara nasional, karena history nasabah atau calon tertanggung semuanya tercatat dalam CRM," kata dia.

Baca juga: Askrindo anggarkan Rp300 miliar untuk digitalisasi layanan

Sementara itu, manfaat bagi calon tertanggung sendiri yakni informasi lebih cepat dan transparan. Nantinya, kata dia, CRM akan diintegrasikan dengan aplikasi underwriting dalam hal ini aplikasi AIR untuk proses analisa oleh underwriter. Dengan aplikasi itu  proses analisis dapat lebih cepat dan kualitas penutupan asuransi lebih baik karena menggunakan score engine.

Dalam industri asuransi kredit, Askrindo merupakan perusahaan yang pertama menerapkan aplikasi sistem peringkat.

"Kami berharap Askrindo terus dapat meningkatkan pelayanannya dan akan terus menyesuaikan diri dengan market sehingga tidak tertinggal dengan era saat ini," kata Anton.

Baca juga: Askrindo akan tingkatkan literasi asuransi di lima kota

 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020