Angin kencang landa Pontianak, dua korban dirawat tertimpa dahan

id angin puting beliung,pohon tumbang,kota pontianak,baliho tumbang

Dua korban saat ini dirawat di rumah sakit akibat tertimpa dahan pohon yang patah, dampak hujan yang disertai angin kencang di Pontianak, Jumat (21/2/2020) sore. ANTARA/Ega-Andi G

Pontianak (ANTARA) - Angin kencang melanda di Pontianak, Jumat sore mengakibatkan belasan rumah rusak dan sejumlah pohon tumbang termasuk melukai dua orang pengendara motor sampai dirawat di rumah sakit.

"Saat ini kedua korban tersebut sudah dirawat di rumah sakit, keduanya tertimpa pohon yang dahannya patah di kawasan Jalan Ahmad Yani Pontianak," kata Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono yang turun langsung meninjau lokasi satu baliho yang tumbang di samping Mega Mal Pontianak.

Ia menjelaskan, kedua pengendara kendaraan bermotor itu mengalami luka-luka akibat tertimpa dahan pohon yang patah di Jalan Ahmad Yani Pontianak.

"Dari pantuan saya di lapangan, satu baliho besar juga mengalami tumbang, dan menimpa belasan motor yang berada di dekat baliho tersebut," ujarnya.

Baca juga: Puluhan rumah warga Gunungsitoli rusak akibat puting beliung
Baca juga: BMKG Kendari: Waspadai hujan lebat disertai angin kencang


Sementara itu, Edi menambahkan, untuk wilayah lain yang terdampak akibat angin kencang tersebut, yakni beberapa pohon tumbang di sepanjang Jalan Perdana dan sekitarnya, tetapi saat ini, pohon yang tumbang tersebut sudah dibersihkan.

"Langkah ke depannya, kami akan mengevaluasi baliho-baliho besar yang ada di pinggir jalan agar ketika tumbang atau lainnya, tidak sampai membahayakan keselamatan para pengendara kendaraan bermotor," kata Edi.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pontianak, Saptiko menyatakan, belasan rumah di Kelurahan Banjar Serasan, Kecamatan Pontianak Timur rusak karena diterjang angin puting beliung.

"Dari data sementara yang kami terima di lapangan ada sekitar 11 rumah yang mengalami rusak akibat angin puting beliung yang terjadi sekitar pukul 16.00 WIB," kata Saptiko.

Baca juga: Puluhan pohon tumbang di DIY akibat hujan dan angin kencang
Baca juga: Langkisau robohkan rumah di Desa Cimrutu Cilacap


Ia menjelaskan, hingga saat ini pihaknya belum bisa memastikan benar total rumah yang rusak akibat diterjang angin puting beliung tersebut.

"Setelah datanya terkumpul nantinya, data tersebut akan diserahkan di dinas terkait, untuk selanjutnya diberikan bantuan oleh Pemerintah Kota Pontianak," ungkapnya.

Bantuan tersebut diberikan, biasanya tergantung tingkat kerusakan dari rumah yang terkena musibah angin puting beliung tersebut, katanya.

Sementara itu, puluhan pohon yang ada di sepanjang Jalan Perdana, Kecamatan Pontianak Tenggara, dari pantauan di lapangan juga tumbang akibat hujan lebat yang disertai angin kencang tersebut.

Kawasan Jalan Ahmad Yani Pontianak, juga mengalami macet akibat satu baliho ukuran besar tumbang, setelah diterjang angin yang disertai hujan deras tersebut.

Baca juga: Hujan angin kencang sebabkan rumah rusak dan pohon tumbang di Bandung
Baca juga: Angin kencang masih melanda di sejumlah kecamatan di Jember
Baca juga: Sejumlah bangunan rusak terkena angin kencang di Blitar


 

Pewarta : Andilala dan Ega/Andi Garsia
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar