Jakarta (ANTARA/JACX) - Informasi yang menyebutkan pemerintah menyediakan 1.000 tiket pesawat gratis bagi warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri beredar di Facebook pertama kali pada 24 Februari 2020. 

Dalam unggahannya, Akun Facebook Tiket pesawat gratis luar negeri itu mengklaim tiket tersebut dikeluarkan atas perintah Presiden Joko Widodo, untuk dijalankan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Tulisan di lini masa tersebut turut menerangkan ribuan tiket itu ditujukan bagi WNI yang ada di sejumlah negara, seperti di China, Hongkong, Makau, Taiwan, Jepang, Korea Selatan, Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Arab Saudi.

Hingga Senin (2/3), tulisan mengenai tiket gratis itu diketahui telah dimuat sebanyak empat kali oleh pemilik akun Facebook tersebut, yakni masing-masing sebanyak dua kali pada 24 Februari 2020 serta dua kali pada 26 Februari 2020.

Selain itu, pemilik akun juga seakan menyarankan kepada masyarakat agar secepat mungkin melaporkan data diri untuk mendapatkan tiket gratis terbatas itu.

"Buruan secepat mungkin untuk melaporkan diri anda, di PT. Angkasa Pura, di nomor hp yang tertera di bawah, karna stok tiketnya terbatas cuma 1000 lembar, siapa cepat dia akan pulang dengan gratis".

Namun, apakah informasi soal 1.000 tiket gratis untuk memulangkan WNI di luar negeri itu benar?
 
Tangkapan layar hoaks 1.000 tiket gratis untuk pulangkan WNI akibat corona (Facebook.com)


Penjelasan:
Menanggapi informasi di media sosial tersebut, Kementerian Luar Negeri Repulik Indonesia melalui keterangan resminya di Jakarta, Senin (2/3), menyatakan informasi di Facebook itu merupakan berita bohong atau hoaks. 

"HATI-HATI HOAKS PENIPUAN. Tetap waspada dan berhati-hati dengan informasi yang tersebar dan mengatasnamakan Kementerian Luar Negeri dan Menteri Luar Negeri Ibu Retno L. Marsudi," demikian keterangan dalam unggahan akun Facebook Kementerian Luar Negeri RI.

Dalam unggahan itu, Kemenlu juga menyertakan hasil tangkapan layar informasi bohong tersebut serta memberikan keterangan 'HOAX' pada tangkapan layar itu.

"Menteri Luar Negeri dan Kementerian Luar Negeri tidak pernah menjanjikan 'Tiket Pesawat Gratis Luar Negeri' sebagaimana disebutkan dalam hoax berikut," demikian keterangan tersebut.

Klaim : 1.000 tiket pesawat gratis untuk memulangkan WNI dari luar negeri
Rating : Salah/Disinformasi




Baca juga: Cegah corona, Kemenhub fokuskan pengawasan KRL Jakarta-Depok

Baca juga: Pemkot Depok akan lakukan desinfeksi perumahan pasien positif Covid-19

Baca juga: Legislator: Kemendikbud bisa liburkan sekolah jika kondisi ekstrem

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2020