Jakarta (ANTARA) - Platform dagang Blibli membuat inisiatif ramah lingkungan untuk mengatasi sampah belanja online, terutama plastik melalui kampanye Blibli Cinta Bumi.

"Blibli juga ingin menjaga kelestarian lingkungan hidup dengan mengajak masyarakat dan mendorong ekosistem untuk mengurangi sampah plastik dan mendaur ulang kardus bekas, sehingga tidak langsung menjadi sampah, tetapi diubah fungsi menjadi wrapping paper untuk membungkus barang pesanan yang akan dikirimkan ke pelanggan kami," kata Executive Vice President of Operations Blibli, Lisa Widodo, dalam siaran pers, Kamis.

Sampah kardus dan plastik hasil berbelanja di Blibli maupun e-commerce lain dapat dimasukkan ke kotak penampungan BlibliCintaBumi Collection Boxes yang tersebar di Jakarta dan Bekasi.

Kotak penampungan untuk saat ini berada di Gedung Sarana Jaya (Jakarta Pusat), KS Tubun (Jakarta Barat), Cawang (Jakarta Timur), WTC Mangga Dua (Jakarta Utara) dan Serpong.

Plastik dan kardus bekas juga bisa diberikan ke kurir BES saat mereka mengantar pesanan.

Sampah-sampah yang terkumpul akan dipilah oleh Blibli agar bisa didaur ulang menjadi filler material yang dapat dijadikan bahan pengganti plastik bubble wrap.

Untuk meningkatkan antusiasme masyarakat dalam kampanye ini, Blibli menyediakan hadiah tote bag bagi 1.000 konsumen pertama yang mengembalikan kardus bekas lewat kurir BES.

Kampanye ini berlangsung sepanjang 2020.


Baca juga: Blibli.com perbanyak layanan "omnichannel"

Baca juga: BlibliMart, toko tanpa kasir dari Blibli.com

Baca juga: Gaet pelanggan Harbolnas, Blibli.com andalkan game

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020