Keturunan Suku Tidung dari negara Malaysia, Brunei Darussalam dan Filipina ini turut memeriahkan kegiatan yang berlangsung 11-15 Maret 2020
Nunukan (ANTARA) - Iraw Adat Tidung Borneo Bersatu yang dipusatkan di Desa Binusan Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara dihadiri perwakilan tiga negara.

Keturunan Suku Tidung pada ketiga negara yakni Malaysia, Brunei Darussalam dan Filipina ini turut memeriahkan kegiatan yang berlangsung 11-15 Maret 2020.

H Sura'i selaku Ketua Panitia Pelaksana di Nunukan, Rabu menyampaikan, selain ketiga negara yang hadir juga datang perwakilan keturunan Raja Tidung di Pulau Seribu DKI Jakarta dan Sulawesi Utara.

Baca juga: GenPI sebut Sekaduyan Taka miliki sejumlah potensi wisata

Baca juga: Nunukan punya Air Terjun Bangen Tawai


Ia juga mengungkapkan, masyarakat Adat Tidung se Kaltara juga hadir yakni Kota Tarakan, Kabupaten Malinau, Bulungan dan Tana Tidung.

Ditambah pula 87 perwakilan se Kaltara dan puluhan lainnya dari Negeri Sabah Malaysia seperti Kalabakan, Mentadak, Merotai dan lain-lainnya.

Pada acara pembukaan Iraw Adat Tidung Borneo Bersatu 2020 ini, Sura'i menuturkan, acara yang bakal dijadikan agenda tahunan bagi Suku Tidung ini memperkenalkan sejumlah ketua-ketua adat dan menampilkan berbagai tarian khas.

Sura'i juga menyampaikan iraw tersebut sebagai ajang silaturrahim masyarakat adat Tidung di Indonesia dan luar negeri. Juga, untuk melestarikan segala tradisi adat istiadat Suku Tidung kepada maayarakat.

Iraw Adat Tidung Borneo Bersatu ini sekaligus menyatukan tujuan yang sama antar negara serumpun dimana di dalamnya terdapat keturunan Suku Tidung, sebut Sura'i.

 

Pewarta: Rusman
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2020