Tunggu saja pengumuman dari LTMPT
Jakarta (ANTARA) - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengatakan belum memastikan waktu untuk pendaftaran dan pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

"Belum dipastikan kapan akan diselenggarakan, karena kita tidak tahu kapan wabah COVID-19 ini selesai," ujar Ketua Pelaksana Eksekutif LTMPT Profesor Budi Prasetyo saat dihubungi dari Jakarta, Selasa.

Sebelumnya, LTMPT menunda pendaftaran UTBK yang sedianya dimulai pada 30 Maret 2020 dan pelaksanaan UTBK yang sedianya dimulai pada 20 April 2020 sampai diumumkan lebih lanjut.

Penundaan itu, kata dia, dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona baru (COVID-19) yang saat ini telah menjadi pandemi global.

"Tunggu saja pengumuman dari LTMPT," kata Budi.

Baca juga: LTMPT belum putuskan penundaan jadwal UTBK

Sebelumnya, UTBK akan diselenggarakan pada 20–26 April 2020. Setiap hari terdapat dua sesi, yaitu pagi dan siang sehingga total terdapat 14 sesi.

UTBK merupakan syarat utama untuk mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Selain SBMPTN, juga diselenggarakan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), yang merupakan seleksi masuk PTN melalui nilai rapor dan prestasi. Jalur seleksi lainnya, yakni mandiri yang diselenggarakan masing-masing PTN.

Baca juga: Presiden Jokowi : Kebijakan soal UN jangan abaikan hak siswa
Baca juga: Pakar: Peniadaan UN solusi keselamatan siswa dari COVID-19
Baca juga: DPR-Kemendikbud sepakat pelaksanaan UN ditiadakan

Pewarta: Indriani
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2020