Jayapura (ANTARA) - Personel Gabungan Regu ll Cipta Kondisi Polres Biak Numfor, Papua, menjaga ketat bongkar muat barang Kapal KM Ciremai yang bersandar di Pelabuhan Biak dari Pelabuhan Jayapura, guna memastikan tidak ada penumpang yang naik maupun turun dari kapal tersebut guna mencegah penyebaran virus corona. 

Kapolres Biak Numfor AKBP Mada Indra Laksantas dalam keterangan tertulis diterima ANTARA, Kamis, mengatakan pihaknya melaksanakan pengamanan ketat terhadap pergerakan keluar maupun masuk orang untuk menindaklanjuti imbauan Bupati Biak Numfor.

“Hari ini KM Ciremai yang balik dari Jayapura ini bersandar di Pelabuhan Biak untuk menurunkan dan menaikan barang-barang saja, dan tentunya kami jaga dengan ketat agar jangan sampai ada pergerakan keluar masuk orang melalui kapal ini,” ujarnya.

Baca juga: Upaya Papua mengantisipasi COVID-19
Baca juga: Dua PDP di Biak dinyatakan negatif Corona
Baca juga: Polisi-tentara dirikan dapur umum warga terdampak COVID-19 di Biak


KM Ciremai menurunkan muatan di Biak berupa 1 kontainer obat-obatan dan alat kesehatan, 1 kontainer berisi kendaraan dinas polisi, 14 koli obat-obatan, dan 33 karton barang-barang milik PT Pos Indonesia, sedangkan dari Biak menaikkan muatan ke kapal berupa 8 kontainer kosong dan 3 kontainer berisi kopra.

Proses penurunan barang-barang dari KM Ciremai di pelabuhan Biak ini juga dipantau langsung Bupati Kabupaten Biak Numfor, Herry Ario Naap, Dandim 1708 Biak Letkol Inf Ricardo Siregar M.Tr ( Han ) berserta beberapa pejabat terkait.

Sementara proses penurunan barang dilakukan sesuai prosedur ketat seperti pemeriksaan dokumen barang muatan cargo serta penyemprotan disinfektan terhadap barang yang turun, penyemprotan disinfektan terhadap TKBM dan petugas dari atas kapal oleh petugas Karantina Kesehatan Pelabuhan Laut Biak Numfor.

Pewarta: Muhsidin
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2020