Ternate (ANTARA) - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), menyetujui peningkatan status Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara (Malut) dari tipe B ke tipe A bersama enam Polda lainnya di Indonesia.

"Untuk acara peresmian peningkatan status Polda Malut dijadwalkan 22 April 2020 di Mabes Polri," kata Kabid Humas Polda Malut AKBP Adip Rodjikan kepada ANTARA, Sabtu.

Baca juga: Atasi persoalan kombes, tujuh polda tipe B bakal naik status

Menurut dia, untuk pengukuhan nanti diwakili Kapolda Malut Brigjen Pol Rikhwanto akan menghadirinya di Mabes Polri, sehingga pangkat Kapolda nantinya dinaikkan dari Brigjen Pol menjadi Irjen Pol setelah Menpan-RB Tjahjo Kumolo menyetujui kenaikan status 7 Polda dari tipe B ke tipe A termasuk Polda Malut.

Persetujuan peningkatan tipe oleh Menpan-RB tersebut sesuai dengan surat No:B/7821/XII/OTL.1.1.3/2019 tertanggal 31 Desember 2019 yang diterima Mendagri terkait dengan permohonan peningkatan status 7 polda, di antaranya, Polda Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Kalimantan Utara, Kepulauan Bangka Belitung, Gorontalo, Maluku Utara dan Papua Barat.

Baca juga: Polda DIY dan Banten naik jadi tipe A

Adip mengakui, informasi terkait dengan persetujuan kenaikan 7 Polda di Indonesia termasuk Polda Malut tersebut telah diterima, sehingga pemerintah memiliki target kinerja sesuai dengan indikator pengusulan yang telah diajukan tersebut.

"Dengan kenaikan status ini, kata Adip, kinerja personel juga harus dipertahankan terutama dalam melakukan pelayanan publik terhadap masyarakat harus lebih maksimal,” tuturnya.

Dia meminta, kepada seluruh personel baik di tingkat Polda, jajaran Polres hingga Polsek untuk selalu meningkatkan kinerja, karena kenaikan status ini merupakan kepercayaan negara terhadap institusi Polri termasuk Polda Malut.

Baca juga: Empat Polda tipe B naik jadi tipe A

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2020