Kupang (ANTARA) - Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur bersama TNI mendirikan dapur lapangan yang terletak tak jauh dari markas Brimod Polda NTT untuk warga ekonominya berkurang akibat dari COVID-19.

"Jadi dapur lapangan TNI-Polri ini dibuat untuk memasak makanan kemudian dibungkus dan dibagi-bagikan kepada msyarakat yang terdampak COVID-19," kata Kapolda NTT Irjen Pol Hamidin kepada wartawan di Kupang, Selasa (21/4).

Komandan berbintang dua itu mengatakan bahwa pembagian makanan bagi masyarakat kurang mampu itu tidak dilakukan di jalanan umum yang mengundang orang untuk berkumpul, namun mengantarkan langsung ke rumah setiap keluarga yang membutuhkan bantuan dan sangat terdampak akibat COVID-19.

Baca juga: Penuhi kebutuhan warga, Polda Banten-TNI buka truk dapur umum

"Kami tak ingin kalau membagi di jalanan dan mengumpulkan banyak orang, mereka yang mampu juga nanti akan kebagian makanan yang sebenarnya dikhususkan bagi masyarakat kurang mampu," tambah dia.

Ia mengatakan, dapur umum yang dibangun itu akan beroperasi dua kali dalam sepekan, yakni pada hari Selasa dan Kamis. Sedangkan kebutuhan seperti beras dan lainnya didapat dari Bulog NTT dan masyarakat yang menyumbang. 

Pantauan ANTARA, di dapur umum tersebut sejak pagi pukul 09.00 Wita, puluhan anggota Brimod Polda NTT, Polwan dan juga anggota TNI baik dari satuan Angkatan Darat, Angkatan Luat dan Udara ikut serta membantu membungkus makanan yang sudah disiapkan beserta lauk pauknya.

Baca juga: Jakpro bangun dapur umum di sekitar lokasi proyek

Di bagian dapur ada pula tim dari Brimob Polda NTT yang bertugas untuk memasak, mulai dari mengoreng ikan, memasak nasi dan memasak lauk pauk lainnya.

Kapolda NTT berharap dapur umum tersebut dapat membantu masyarakat di NTT khususnya mereka yang merasakan langsung dampak COVID-19 itu.

“Ini tentu sangat bermanfaat dalam membantu, secara psikologis di mana beban masyarakat sangat berat disebabkan karena wabah COVID-19 ini. Semoga kondisi ini bisa segera diatasi dan kita menggugah semua orang untuk bisa memberikan bantuan sosial," tambah dia.

Baca juga: Dapur umum Riau distribusikan 1.100 kotak makanan saat PSBB

Selain dapur lapangan khusus untuk masyarakat yang pembagiannya secara langsung dari rumah ke rumah, Polda NTT juga melalui Direktorat Polisi Lalu Lintas Polda NTT mendirikan satu dapur umum yang makanannya dibagikan khusus bagi sopir ojek daring, sopir taksi dan sopir angkutan umum.

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: M Arief Iskandar
Copyright © ANTARA 2020