Saya mengimbau masyarakat agar hanya mengakses informasi perihal penanganan COVID-19 pada situs resmi milik pemerintah www.covid19.go.id dan www.covid19.kemkes.go.id
Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong agar Kementerian komunikasi dan informasi dapat meningkatkan pengawasan untuk menangkal hoaks terkait COVID-19.

"Kemkominfo memperkuat sinergi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Polri dan platform digital untuk terus memantau kabar bohong atau hoaks yang beredar di masyarakat serta meningkatkan pengawasan," kata Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Polisi perketat pengawasan media sosial cegah hoaks terkait COVID-19
Baca juga: Menkominfo tegaskan penyebar hoaks terancam denda hingga Rp1 miliar
Baca juga: Informasi keliru soal COVID-19 hanya menambah beban psikologis


Penguatan sinergi dan pengawasan itu lanjut dia salah satu bentuknya yakni dengan patroli siber dan menerapkan pemblokiran pada setiap situs atau akun yang terbukti melakukan penyebaran hoaks.

Bamsoet mendorong pengawasan lebih ditingkatkan karena berita hoaks seputar COVID-19 masih banyak beredar bahkan meluas terutama melalui media sosial.

Hal itu kemungkinan akibat minimnya ataupun ketidakjelasan informasi dari otoritas yang memicu munculnya disinformasi. Data Kemkominfo menyatakan sepanjang 23 Januari hingga 21 April 2020 terdapat 568 kabar bohong terkait COVID-19.

Oleh karena itu, dia juga mendorong agar pemerintah lebih aktif memberikan informasi yang benar dan transparan, termasuk melakukan verifikasi kabar bohong atau hoaks yang beredar di masyarakat, guna membangun kepercayaan publik.

Pemerintah dinilai juga perlu memperbaiki pola komunikasi publik dengan lebih intens, mengedukasi masyarakat mengenai informasi seputar COVID-19 serta menjaga komunikasi publik yang komprehensif sehingga efektif dalam mengantisipasi hoaks yang beredar.

"Saya mengimbau masyarakat agar hanya mengakses informasi perihal penanganan COVID-19 pada situs resmi milik pemerintah www.covid19.go.id dan www.covid19.kemkes.go.id, sebagai sumber berita atau informasi yang valid dan akurat," ujarnya.

Baca juga: Polrestro Jaksel tangkap bibi dan keponakan penyebar hoaks begal
Baca juga: Kapolrestro Jaksel sebut begal Cilandak hoaks
Baca juga: Hoaks, Luhut minta Panglima TNI-Kapolri tangkap pemda yang lawan pemerintah pusat


Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2020