Jakarta (ANTARA News) - Jumlah pengangguran di DKI Jakarta hingga tahun 2008 mencapai setengah juta orang lebih atau sebanyak 580.511 pencari kerja, kata Sekretaris Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DKI Jakarta, Sugiono ditemui di Jakarta, Jumat.

Sementara itu, jumlah angkatan kerja hingga 2008 mencapai 4.772.477 orang dan yang telah bekerja mencapai 4.196.463 orang.

Diharapkan, jumlah pengangguran tersebut akan habis pada saat masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo berakhir pada 2012.

Langkah-langkah yang kini dilakukan antara lain, melakukan pelatihan untuk meningkatkan ketrampilan pencari kerja, melakukan kerjasama dengan perusahaan swasta dan mengembangkan kewirausahaan.

Bila ternyata proses tersebut belum berhasil maksimal, kata Sugiono, pihaknya akan menggencarkan program transmigrasi ke beberapa daerah luar Jawa.

"Setiap tahun pencari kerja baru terus bertambah, namun penyelesaian kita prioritaskan bagi pencari kerja hingga 2008," kata dia.

Sementara itu, untuk memudahkan menjaring pencari kerja baru atau yang belum memiliki kartu pencari kerja, pihaknya kini membuka stand di Arena Pekan Raya Jakarta (PRJ) mulai 12 Juni hingga 12 Juli mendatang.

Ditempat tersebut, kata dia, pencari kerja mendapatkan beberapa kemudahan, antara lain untuk mendapatkan kartu pencari kerja warga cukup menyerahkan fotocopy KTP dan foto akan langsung mendapatkan kartu yang biasa disebut "kartu kuning".

Hal tersebut berbeda bila pencari kerja harus datang langsung ke kantor Disnakertrans yang harus memenuhi beberapa syarat administrasi.

Selain itu, Disnakertrans juga membuka pendaftaran untuk mengisi lowongan pekerjaan secara on line. "Kami juga menyiapkan beberapa lowongan pekerjaan yang bisa diisi oleh pencari kerja yang memenuhi syarat," kata dia. (*)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009