Seorang dokter di Tarakan terkonfirmasi positif COVID-19

id covid

Juru Bicara Tim Gugus Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Tarakan, Devi Ika Indriarti. ANTARA/Susylo Asmalyah

Tarakan (ANTARA) - Seorang dokter berusia 27 tahun yang bertugas di Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan Kalimantan Utara terkonfirmasi positif COVID-19 dan merupakan pasien ke 28 yang positif.

“Ada dugaan kontak dengan pasien positif COVID-19. Setiap ada kasus positif kita melakukan tracing kasus,” kata Juru Bicara Tim Gugus Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Tarakan Devi Ika Indriarti di Tarakan, Kamis.

Baca juga: Enam tenaga kesehatan di Kalteng positif COVID-19 salah satunya dokter

Dijelaskan kasus positif COVID-19 kali ini adalah tenaga medis, maka akan lebih banyak dilakukan tracing kasus. Selanjutnya karena banyak yang dikerjakan maka akan bersinergi dengan RSUD Tarakan.

Saat ini sudah dilakukan rapid test untuk tenaga medis di RSUD Tarakan, karena terkait dengan resikonya, apakah resiko tinggi atau resiko rendah.

Baca juga: Dokter positif COVID-19 di Kabupaten Pati dinyatakan sembuh

Devi mengungkapkan dokter yang positif COVID-19 ada kontak dengan pasien yang positif COVID-19, kemudian dilakukan rapid test hasilnya negatif. Sesuai protap walaupun tidak ada gejala, tetap melakukan isolasi mandiri, karena dilihat dari resiko kontaknya maka dilakukan pemeriksaan swab yang hasilnya terkonfirmasi positif.

Baca juga: Satu dokter lagi dirawat di ruang isolasi RSUD Kota Bogor

Saat ini, jumlah kumulatif orang dalam pemantauan (ODP) di Tarakan sebanyak 316 orang, 96 ODP masih dalam pemantauan Puskesmas tempat tinggalnya dan 220 ODP selesai menjalani pemantauan dan mendapat surat keterangan sehat dari Puskesmas setempat.

Jumlah orang tanpa gejala (OTG) sebanyak 351 orang yang dipantau 194 orang dan selesai pemantauan sebanyak 157 orang. Saat ini pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak empat orang dan menunggu hasil pemeriksaan specimen swab. Kemudian untuk pasien yang positif COVID-19 sebanyak 28 orang.


Pewarta : Susylo Asmalyah
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar