Jakarta (ANTARA) - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto membentuk Komponen Pendukung Pertahanan Bidang Kesehatan untuk membantu penanganan COVID-19 di Tanah Air.

"Pagi tadi bertempat di Pusat Diklat Bahasa Kemhan Pondok Labu-Jakarta Selatan, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melepas sebanyak 293 relawan Komponen Pendukung (Komduk) Pertahanan Negara Bidang Kesehatan untuk Percepatan dan Penanganan COVID-19," kata Juru Bicara Menteri Pertahanan Dahnil Anzar Simanjuntak dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Senin.

Relawan Komponen Pendukung (Komduk) Kesehatan tersebut akan ditugaskan di RS Dr Suyoto Pusrehab Kemhan.

Baca juga: Menhan ajak bangun pertahanan semesta

Penyiapan relawan Komduk Pertahanan Negara Bidang Kesehatan ini, kata Dahnil, merupakan salah satu dukungan Kemhan terhadap Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 yang mensinergikan seluruh komponen nasional baik di pusat maupun di daerah dengan melibatkan seluruh kementerian/lembaga terkait, TNI dan Polri, serta melibatkan dukungan dari swasta, lembaga sosial dan perguruan tinggi juga termasuk para relawan.

Animo dan antusiasme masyarakat untuk menjadi relawan Komduk Pertahanan Negara Bidang Kesehatan ini sangat tinggi.

"Hingga penutupan pendaftaran pada 19 April 2020, sebanyak 1.768 orang mendaftar lewat online dan 300 orang melalui aplikasi WhatsApp. Namun hanya 293 calon relawan yang terpilih," kata Dahnil.

Baca juga: Prabowo: Pertahanan adalah investasi

Ia menambahkan, ke-293 relawan tersebut telah menjalani serangkaian tes kesehatan yang meliputi rapid test COVID-19, medical check-up, dan kredensialing oleh Komite Medik/Naskes terkait.

Bidang keahlian para relawan tersebut terdiri dari dokter, bidan, perawat, kesehatan masyarakat, nutrisi, analis kesehatan, radiografi, farmasi, dan apoteker. Para relawan Komduk Pertahanan Negara Bidang Kesehatan ini juga mendapat bimbingan teknis dan materi bela negara.

"Atas kesukarelawanan dan semangat bela negara yang ditunjukkan para anggota Komduk yang terpilih dan akan bertugas di benteng pertahanan negara bidang kesehatan yakni di RS Dr Suyoto yang penuh risiko, maka Menhan mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas dedikasi, loyalitas, dan kerelaan para anak bangsa tersebut," katanya.

Baca juga: Prabowo ajak anak bangsa terlibat bela negara

Dalam amanatnya, kata dia, Menhan Prabowo menekankan bahwa wabah COVID-19 ini adalah ancaman yang sangat berbahaya, bukan saja kepada bangsa dan negara Indonesia tetapi juga seluruh umat manusia di dunia ini.

"Ini sebetulnya adalah perang, perang melawan musuh yang tidak kelihatan, perang terhadap musuh yang tidak punya ideologi, tidak punya agenda lain selain mengancam keselamatan manusia, maka dibutuhkan semangat kesemestaan, semangat saling membantu," ujarnya.

"Seluruh dunia terpengaruh, banyak negara lebih parah dari kita, tetapi titik terang sudah mulai kelihatan. Upaya-upaya yang dilakukan oleh pemerintah dan seluruh masyarakat Indonesia, membuat kita harus selalu optimis dalam menghadapi dan menyelesaikan wabah COVID-19 ini secara bersama-sama dengan semangat gotong royong dan saling bantu," kata Dahnil.
 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020