Jakarta (ANTARA) - PT Paiton Energy menyalurkan peralatan medis, mulai hazmat hingga masker, ke rumah sakit dan pemerintah daerah untuk membantu penanganan COVID-19.

Presiden Direktur Paiton Energy Koichiro Miyazaki di Jakarta, Senin mengatakan pandemi COVID-19 ini menjadi masalah bagi semua orang, oleh sebab itu segala upaya untuk mengatasinya harus mendapat dukungan semua pihak.

"Paiton Energy turut berpartisipasi dalam mengatasi pandemi COVID-19 dengan menyumbangkan peralatan medis rumah sakit,” katanya.

Peralatan medis itu diserahkan ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, PT Perusahaan Listrik Negara (PT PLN Persero), dan Pemerintah Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, berupa 365 potong pakaian antibahan berbahaya (hazmat), 300 kotak masker bedah, 200 kotak sarung tangan bedah untuk Rumah Sakit Persahabatan. Selain itu, 1.000 pakaian hazmat dan 200 potong masker bedah melalui PT PLN.

Sumbangan untuk Kabupaten Probolinggo berupa 100 pakaian hazmat rumah sakit yang diproduksi oleh usaha kecil menengah (UKM) setempat binaan Paiton Energy. Selain itu juga menyumbangkan 120 liter disinfektan produksi laboratorium perusahaan.

Selain itu, donasi uang tunai sebesar Rp10 juta diberikan kepada yayasan setempat, yakni Forum Kabupaten Probolinggo Sehat (FKPS-Namira) yang mengoordinasi bantuan kemanusiaan di Probolinggo. Dana itu kemudian digunakan untuk membeli alat pelindung diri (APD) dan nutrisi bagi tim medis yang ikut dalam mitigasi COVID-19 di beberapa rumah sakit.

Paiton Energy juga mendukung masyarakat dengan menyemprot masjid-masjid dengan cairan disinfektan, khususnya sebelum Shalat Jumat. Paiton Energy juga mendukung petani organik yang menghadapi kesulitan memasarkan produk mereka.

Para petani dibantu memasarkan hasil panen untuk bantuan kemanusiaan di bawah koordinasi FKPS atau Namira Foundation dan dikenalkan ke pasar daring petani agar produk petani lebih dikenal dan akses ke pasar yang lebih luas.

Pewarta: Virna P Setyorini
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2020