L`Aquila, Italia (ANTARA News/AFP) - Lebih dari 75000 anak akan meninggal dalam tiga hari pertemuan puncak Kelompok Delapan, yayasan Save the Children mengatakan Rabu ketika para pemimpin dunia berkumpul untuk pembicaraan di Italia tengah.

"Menyakitkan hati bahwa 9,2 juta anak masih akan mati setiap tahun," kata Adrian Lovett, direktur kampanye Save the Children.

"Lebih dari 75.000 anak akan meninggal dalam tiga hari pertemuan puncak G8" yang merentang dari Rabu hingga Jumat, ia mengatakan dalam satu pernyataan.

"Para pemimpin G8 sebelumnya telah membuat janji yang telah sangat sering tidak dipenuhi. Tahun ini mereka harus menunjukkan mereka akan berbuat untuk menyelamatkan jiwa anak-anak dengan melipatduakan bantuan untuk perawatan kesehatan ibu, anak yang baru lahir dan anak-anak," ia menambahkan.

Yayasan yang bermarkas di London itu menyerukan sumbangan yang seluruhnya tujuh miliar dolar setahun untuk perawatan kesehatan ibu, anak-anak yang baru alhir dan anak-anak pada 2012, tapi sekarang ini menerima hanya separuh dari jumlah itu, kata pernyataan tersebut.

Pada tahap sekarang ini, Cita-cita Pembangunan Milenium untuk mengurangi kematian anak dengan dua pertiga pada 2015 tidak dapat dicapai hingga 2045, kata pernyataan itu.

"Dengan sangat sederhana, setiap dolar yang G8 tahan berarti hidup satu anak lagi terancam dan lebih banyak anak yang akan meninggal," kata Lopvett.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009