China berbagi pengalaman dengan Indonesia soal perawatan pasien COVID

id perawatan pasien covid,pasien covid,tenaga medis China berbagi pengalaman dengan Indonesia,webinar KBRI Beijing,Jack Ma Foundation,Alibaba Foundation

Para perawat dari Chaoyang Hospital, Beijing, membagikan pengalamannya dalam menangani pasien COVID-19 dengan para perawat dari Indonesia melalui saluran webinar, Selasa (12/5/2020) (ANTARA/HO-KBRI Beijing/mii)

Jakarta (ANTARA) - Para perawat yang bertugas di garda terdepan peperangan melawan COVID-19 di China berbagi pengalaman dengan para perawat di Indonesia dalam menangani pasien yang terkena wabah tersebut melalui saluran webinar, Selasa.

Para pakar dari China memberikan pelatihan singkat kepada perawat dari berbagai rumah sakit di Indonesia dalam acara yang difasilitasi Kedutaan Besar RI di Beijing, Jack Ma Foundation, Alibaba Foundation, dan Ali Health itu.

Pakar perawat kesehatan yang berasal dari Beijing Chaoyang Hospital dan Peking University Third Hospital telah berhasil membantu penanganan pasien COVID-19 di Wuhan, Provinsi Hubei, termasuk menangani pasien-pasien kritis.

Sekitar 200 peserta aktif yang merupakan para perawat dari berbagai rumah sakit di seluruh Indonesia ikut serta dalam webinar yang membahas strategi penanganan pasien parah dan pendampingan psikologis dalam menghadapi pandemi.

Baca juga: China sebut tiga vaksin COVID-19 masuki tahap uji klinis

Baca juga: WHO nyatakan pasar di Wuhan berperan dalam penyebaran virus corona


Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun mengatakan bahwa kegiatan yang diselenggarakan dalam rangkaian peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-China itu juga bertepatan dengan peringatan Hari Perawat Internasional.

"Tentu acara webinar kali ini memiliki makna mendalam, mengingat para perawat dan tenaga medis merupakan pahlawan yang berada di garda terdepan dalam memerangi COVID-19," ujarnya mengapresiasi segala upaya dan dedikasi tidak mengenal lelah yang dilakukan oleh para tenaga medis dan perawat.

Dubes berharap hal serupa dapat berlangsung pada masa yang akan datang sebagai wadah untuk berbagi pengalaman antartenaga medis.

KBRI Beijing juga akan terus menjalin kerja sama dengan para narasumber yang ada di China untuk menyelenggarakan webinar serupa pada masa-masa mendatang dan memfasilitasi para tenaga medis di Indonesia mendapatkan informasi terkait pencegahan dan penanganan wabah COVID-19 sebagai pembelajaran bersama.

Baca juga: Terdampak COVID-19, China yakin hubungan ekonomi dengan Indonesia kuat

Baca juga: Erick Thohir terima paket alat kesehatan dari JD.com China

Pewarta : M. Irfan Ilmie
Editor: Fardah Assegaf
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar