lima kasus diidentifikasi titik penyebarannya berasal dari kluster fasilitas kesehatan B
Manado (ANTARA) - Jumlah pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 di Sulawesi Utara (Sulut) terus meningkat hingga mencapai sebanyak 114 kasus.

"Hari ini kita ketambahan sebanyak sembilan kasus," sebut Juru Bicara Percepatan Penanganan COVID-19 Sulut, dr Steaven Dandel MPH di Manado, Sabtu.

Dari 114 pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19 ini, sebanyak 31 orang dinyatakan sembuh, enam orang dilaporkan meninggal dan kasus aktif yang sementara dalam perawatan sebanyak 77 orang.

"Dari sembilan kasus yang dimutakhirkan malam tadi, sebanyak lima kasus diidentifikasi titik penyebarannya berasal dari kluster fasilitas kesehatan B," katanya.

Kelima pasien tersebut, yaitu kasus ke- 106 (laki-laki berumur 46 tahun asal Manado), kasus ke- 107 (laki-laki berusia 49 tahun asal Manado, kasus ke- 108 (laki-laki berusaia 30 tahun asal Manado).

Selanjutnya, kasus ke- 109 (laki-laki berumur 42 tahun asal Manado) dan kasus ke- 110 (laki-laki berumur 24 tahun asal Manado).

Baca juga: Gugus Tugas COVID-19 Sulut masih menunggu hasil uji 181 sampel swab
Baca juga: Pasien positif COVID-19 sembuh di Sulut bertambah


Kasus ke- 111 adalah laki-laki berusia 35 tahun asal Kabupaten Minahasa Utara, tidak ada riwayat perjalanan atau kontak erat dengan pasien yang terkonfirmasi positif.

Kasus ke- 112, laki-laki berusia 28 tahun, asal Manado adalah Kontak Erat Risiko Tinggi (KERT) dengan pasien kasus ke- 46 (kluster Pasar Pinasungkulan).

Kasus ke- 113, laki-laki berusia 28 tahun asal Kabupaten Minahasa Utara, tidak ada riwayat perjalanan.

Terakhir, kasus ke- 114, laki-laki berumur 30 tahun asal Manado, juga tidak ada riwayat perjalanan. 

Baca juga: Laboratorium COVID-19 Sulut didampingi pakar bersertifikat WHO
Baca juga: Pemprov Sulut optimalkan pembelajaran jarak jauh saat pandemi COVID-19
Baca juga: Gugus Tugas COVID-19 Sulut ingatkan jas hujan tidak aman dari corona

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020